Sekolah Kader Bawaslu Ternate Segera Digelar

  • Bagikan
Kordiv PHL Bawaslu Kota Ternate, Rusly Saraha. Foto: Istimewa

Bawaslu Kota Ternate, Maluku Utara, akan melaksanakan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat dasar pada 4-6 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 80 peserta, yakni dari Kota Ternate, Tidore Kepulauan, Halmahera Selatan, dan Halmahera Barat.

Kordiv PHL Bawaslu Kota Ternate, Rusly Saraha, kepada wartawan mengatakan kegiatan SKPP di Ternate ini akan dibuka langsung oleh anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo.

“Kalau di Maluku Utara ada tiga titik, Weda, Morotai dan Ternate. Agenda di Ternate nanti dibuka langsung oleh anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo,” ucap Rusly, Sabtu (2/10).

Rusly bilang, kegiatan itu merupakan program Bawaslu RI untuk merekrut kader-kader muda pengawas partisipatif.“Para kader-kader muda ini nantinya dapat bersinergi dengan Bawaslu dalam mengawal proses Pemilu, ikut mendorong upaya pencegahan pelanggaran sekaligus menopang perwujudan demokrasi bermartabat,” katanya.

Penulis buku Notes from Ternate: Catatan Pengawasan Pilkada Ternate tahun 2020 ini menambahkan, para alumni dari SKPP tingkat dasar di Ternate ini nantinya dapat membantu pencerahan publik melalui upaya-upaya kerelawanan.

“Semangatnya nanti diarahkan ke situ,” pungkasnya.

Penulis: RamlanEditor: Rajif Duchlun
  • Bagikan