Seminar Patelki: Pentingnya Edukasi Penanganan COVID-19

  • Bagikan
Foto bersama DPC patelki kota Ternate. Foto: Panitia

Seminar yang diselenggarakan Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) sudah dimulai di Kota Ternate, Maluku Utara. Dalam seminar, para penyelenggara lebih memberikan edukasi penanganan terkait perkembangan pemeriksaan COVID-19 yang terbaru.

Kegiatan ini juga untuk memperingati hari kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November.

Kegiatan ini di hadiri oleh 250 Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) yang berasal dari berbagai instansi kesehatan, baik itu di Ternate maupun yang tersebar dari berbagai Kabupaten/Kota di provinsi Maluku Utara. Ratusan peserta itu khidmat mengikuti jalannya seminar.

Mengangkat topik COVID-19 bertajuk “Update Laboratory Testing of CCOVID 19”, Dewan Pengurus Cabang (DPC) PATELKI Kota Ternate menghadirkan empat narasumber, satu diantaranya adalah perwakilan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PATELKI yakni Atna Permana, AMAK., SKM., M.Biomed., Ph.D. Sementara yang lainnya adalah ketua DPC PATELKI Kota Ternate sendiri yakni Andi Heriadi Palloge, S.ST, Akademisi Poltekkes Kemenkes Makassar Yaumil Fachni Tanjungbulu, S.ST., M.Kes, Dan dokter customer service Prodia Ternate dr. Nurnyita Nabiu.

Ketua panitia, Riskawati Hasanuddin, S.ST kepada cermat mengatakan, seminar kali ini juga ditayangkan secara online, dan peserta yang ikut webinar tersebut berjumlah sekitar seribu lebih.

“Untuk peserta webinar sendiri kita open peserta, jadi bisa diakses seluruh Indonesia,” tutur Riskawati.

Katanya, sasaran dari seminar ilmiah ini adalah upaya untuk ATLM di Malut khususnya, bisa lebih memahami update pemeriksaan COVID 19, hal itu dikarenakan keadaan Pandemi yang tak kunjung selesai.

“Lewat seminar semacam ini kami bisa memberi edukasi betapa pentingnya vaksinasi dalam rangka menekan angka COVID 19. Patelki akan terus berupaya mengedukasi masyarakat terkait hal itu,” lanjunya.

Sementara Kedua DPC PATELKI Kota Ternate, Andi Heriadi Palloge mengatakan, kegiatan ini pertama-tama menjadi ajang silaturahmi bagi para ATML. Selain itu, ini menjadi ruang informasi dan edukasi terutama terkait perkembangan pemeriksaan COVID 19 yang terbaru.

“Dari beberapa materi yang berlangsung, dapat memberi pemahaman terkait pemeriksaan COVID 19. Bahwa tidak hanya PCR, anti gen dan rapid, tetapi masih banyak lagi. Para ATML harus tau tentang itu,” tambahnya.

“PATELKI kedepan akan berkordinasi dengan para pimpinan laboratorium di Kota Ternate, untuk melihat kendala-kendala selama ini, supaya kita dapat masukan dan bisa mengajukan ke dinas kesehatan atau pemerintah,” jelasnya.

Ia juga menyarankan agar masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi, juga penting melakukan pemeriksaan lebih lanjut agar mengetahui seberan besar anti bodi yang dimiliki.

selain itu, seminar ilmiah ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan peringatan hari kesehatan Nasional.

Sebelumnya pada (6/11) PATELKI Kota Ternate juga menggelar ATLM teladan yakni perlombaan mencari ATLM unggulan yang dapat menjadi ikon untuk mewakili daerah pada iven-iven tertentu. Ada juga tolkshow bersama DPP PATELAKI yang akan digelar pada Sabtu malam (13/11) di Red Star Resto, Ternate.

Penulis: Nurkhalis DjilfikarEditor: Faris Bobero
  • Bagikan