Perkuat SDM, Pemkot Ternate MoU dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta

  • Bagikan
Mou Pemkot Ternate dengan Universitas Muhammadiya Jakarta (UMJ). Foto: Istimewa

Pemerintah Kota Ternate, pada Selasa (18/1), melakukan Mou dengan Universitas Muhammadiya Jakarta yang dilangsungkan di lantai 3 Kantor Wali Kota Ternate, Maluku Utara.

“Kami dalam beberapa tahun terakhir ini berbagai pihak kerja sama mulai dari pihak suwasta dan beberapa lembaga instansi pemerintah lainnya. Sehingga itu banyal hal yang kami butuhkan untuk di kerja sama,” ujar Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.

Menurut Tauhid, Ternate secara spesifik merupakan kota jasa dan perdagangan, sehingga tak banyak miliki sumber daya alam dan tak sekaya dengan Kabupaten/kota yang lain di Maluku Utara.

Namun Ternate kata dia, terus mendorong sumber daya manusia agar menjadi peluang sekaligus kekuatan untuk berkembang dan bersaing sampai di kanca Nasioal.

“Hari ini saya mendorong kerja sama bidang SDM, karena sesuai misi saya dan pak Jasri itu, Ternate Mandiri dan Berkeadilan (Andalan),” tukas Mantan Sekkot Ternate ini.

Ia bilang, kerja sama ini juga dimaksudkan memperkuat SDM di Kota Ternate untuk melanjutkan studi.

“Kekayaan yang tak bisa dibawa mati adalah intelektual, dan bisa membagikan kepada orang lain sehingga itu awal kerja sama ini sangat baik, untuk melanjutkan kesepakatan berikut sesuai poin-poin dan itu akan dilanjutkan dengan rapat antara saya dengan pak Rektor,” sambung Tauhid.

Sementara di kesempatan yang sama, Rektor UMJ, Ma’mun Murod Al-Barbasy, mengatakan MoU tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti kerja sama yang sebelumnya sudah direncanakan.

“UMJ itu adalah universitas tertua di Jakarta, yang di miliki Muhammadiya dari 167 universitas yang beridirnya dari 1955. Kampus kami miliki 10 fakultas yang tersebar di 55 program studi, 12 di anataranya program magister dan program Doktor bagian Managemen, Doktor Kebijakan Publik, Doktor Kesehatan Masyarakat dan Doktor Ilmu Hukum,” papar Ma’mun.

Ia mengaku, UMJ juga digandrungi banyak mahasiswa di luap Pulau Jawa dan mahasiswa asing dari luar negeri.

“Saya juga sudah sampaikan ke pimpinan pusat, bahwa jika di Ternate ini ada kerjasama lanjut studi, bukan hanya di situ, kerjasama ini nantinya akan dibuat sejumlah riset bersama antara UMJ dan Pemkot Ternate dan sampai pada pelaksanaan KKN,” ungkapnya.

“Sehingga tak ada pilihan, jika negara dan daerah mau, maju maka harus meningkatkan SDM melalui pendidikan formal,” pungkasnya (ADV).

  • Bagikan