Sampah Menumpuk, Bangunan Liar di Tengah Kota Ternate Akan Dibongkar

  • Bagikan
Wali Kota Ternate, Maluku Utara, M.Tauhid Soleman memantau langsung area kumuh di belakang ruko Jatilend Mall Ternate. Foto: Sansul Sardi/cermat

Sejumlah bangunan liar di belakang Rumah Toko (Ruko) di Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara, akan dibongkar oleh Pemerintah Kota Ternate. Kebijakan itu setelah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) gencar melakukan pembersihan sampah di kali mati, pada area tersebut, pekan ini.

Saat pembersihan sampah, DLH Ternate mengaku, dalam sehari, sudah 18 ton sampah yang dibersihkan di daerah dekat bangunan liar.

“Jadi hari ini kami bersihkan sampah-sampah yang menumpuk di area belakang Ruko Jatilend Mall Ternate, dan selanjutnya besok, Rabu (2/2), bakal tertibkan sejumlah bangunan liar yang berada di lokasi tersebut,” ungkap Sarif Tjan, Kabid Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Kota Ternate, kepada cermat, Selasa (1/2).

Proses pembersihan sampah di area belakang ruko Jatilend Mall Ternate dan Rusunawa Terminal Gamalama. Foto: Sansul Sardi/cermat

Katanya, besok, (DLH Kota Ternate bersama OPD teknis lainnya, yang bakal turun membongkar bangunan liar tersebut. Saat ini, sekiranya ada 8 unit bangunan liar yang targetnya akan dibongkar.

Sarif bilang, bangunan liar tersebut juga ilegal karena dibangun di atas tanah pemerintah.

“Jadi gedung-gedung ilegal pasti pemiliknya waktu itu sudah ada main-main dengan oknum pejabat, sehingga berani dibangun. Seperti bangunan liar milik salah satu coffe yang terlihat sudah keluar, panjang 30 meter. Tetap harus dibongkar,” tegasnya.

Nampak sampah berserakan di belakang bangunan liar di Tengah Kota Ternate. Foto: Sansul Sardi/cermat

Selain itu, katanya, pembersihan 18 ton sampah itu dilakukan pada pagi hingga siang hari. Ia berniat, lokasi kali mati, yang dibersihkan dari sampah itu, akan dibuat ruang alternatif.

“Jadi, meski sudah 18 ton, namun sampah belum juga selesai diangkut dalam lokasi ini. Bahkan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota pun turun langsung bekerja di lapangan,” katanya.

Penulis: Sansul SardiEditor: Faris Bobero
  • Bagikan