Wali Kota Ternate Jadi Penentu Jabatan 15 Kepala SMP

  • Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate, Muslim Gani. Foto: Istimewa

Pengisian jabatan 15 Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Ternate, tinggal menunggu waktu.

Sebanyak 29 peserta yang mengikuti seleksi menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) hingga tahap wawancara, dinyatakan lolos

Saat ini, panitia seleksi (pansel) telah menyerahkan hasilnya ke Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, untuk memutuskan 15 nama yang layak dilantik dalam waktu dekat.

Sekretaris Tim Seleksi (Timsel) Kepala SMP, Muslim Gani, mengatakan pengumuman nama-nama calon kepala SMP yang dinyatakan lulus, menggunakan sistem abjad, bukan perengkingan.

“Hasilnya sudah kami sampaikan ke wali kota, untuk diputuskan 15 nama dari 29 calon yang dinyatakan lolos,” terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate ini, Kamis (14/4).

Ia bilang, peserta yang dinyatakan lulus tidak langsung dilantik menduduki jabatan berdasarkan sekolah yang didaftar.

Misalnya, ketika yang bersangkutan mendaftar di SMPN 2, bisa saja dilantik sebagai Kepala SMPN 5. Begitu juga sebaliknya, karena basicnya sama.

Menurutnya, jabatan kepala sekolah adalah guru yang diberi jabatan tambahan. Kepala sekolah bukan jabatan struktural, tapi hanya tambahan jabatan guru.

“Maka dari dasar tersebut, setiap peserta atau calon yang dinyatakn lulus, bisa ditempatkan di sekolah mana saja,” jelasnya.

Ia memastikan, pelantikan 15 calon kepala SMPN ini, akan secepatnya dilakukan dalam bulan ini setelah diputuskan wali kota.

“Harapannya, kepala sekolah defenitif inilah yang memiliki tanggung jawab terkait administrasi, sebelum pengumuman ujian sekolah,” terangnya.

  • Bagikan