Penyerapan DAK di DKP Ternate Baru 50 Persen, Rp 1 Miliar Pokir DPRD

  • Bagikan
Kadis DKP Kota Ternate, Faisal Harun Dano. Foto: Sansul Sardi/cermat

Penyerapan Dana Alokasi Kusus (DAK) di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ternate, Maluku Utara, tahun anggaran 2022 baru mencapai 50 persen atau Rp 2 miliar lebih.

Kadis DKP Kota Ternate, Faisal Harun Dano kepada cermat, Senin (11/7) mengatakan, ada tiga kegiatan dengan sumber DAK sudah dilakukan tahapan pencairan 30 persen.

“Itu artinya penyerapan DAK kami (DKP Ternate) sudah 50 persen, dengan aitem kegiatan pengadaan armada tuna 3GT, 2GT dan Kolbox,” ucap Faisal.

Ia bilang, bahkan sebagian paket lainya dari DAK dalam tahapan lelang di BPBJ Setda Kota Ternate, seperti mesin dan sejumlah kegiatan yang sumbernya pengadaan langsung.

“Jadi total DAK kami itu Rp 4 miliar lebih, Pokok Pikiran (Pokir) dari DPRD Ternate yang sumber dari APBD sebesar Rp 1 miliar lebih,” ujarnya.

Sedangkan di APBD Perubahan, DKP akan mengusulkan tambahan kegiatan. “Tapi nanti dilihat dari kekuatan anggarannya,” katanya.

“Jika nanti di perubahan pendapatan asli daerah bisa mcapai target, maka itu bisa ada pengusulan tambahan anggaran di APBD untuk kami,” pungkasnya.


Sansul Sardi

Penulis: Sansul Sardi
  • Bagikan