Cerita Syra Adinda, Solo Traveling Hingga Terpikat Pesona Bawah Laut Pastabulu di Kepulauan Sula

  • Bagikan
Syra Adinda explorer asal Bali saat berada di Desa Pastabulu, Kepulauan Sula. Foto: Fuad GenPi Malut/cermat

Pesona teluk berbentuk huruf U hingga keindahan bawah laut di Pastabulu, Kepulauan Sula, Maluku Utara, belum banyak diketahui orang. Peran komunitas dan pegiat media sosial dengan menyebarkan informasi ini, membuat beberapa solo traveling pun penasaran berkunjung.

Adalah Syra Adinda explorer asal Bali yang sudah solo traveling di sebagian timur Indonesia, dengan Kegiatan Explore Indonesia ini pun mengungkapkan, betapa kagumnya ia akan keindahan alam bawah laut dan semua tentang Pastabulu di Kepulauan Sula.

Teluk U di Desa Pastabulu, Kepulauan Sula, Maluku Utara. Dokumentasi GenPi Malut.

Syra Adinda bahkan bilang, ia tak habis pikir bisa nyasar sampai di Tastabulu, yang indah ini. Ia lalu bercerita, awalnya, mendapat informasi pariwisata di media sosial dari teman-teman Genpi Maluku Utara.

Kebetulan, saat itu, ia berada di Maluku Utara. Akhirnya, ia menjadwalkan agenda ke Patabulu. “Karena dalam promo festival nya ada yang menarik yaitu teluk U, itulah yang membuat Syra Adinda tertarik untuk ke Pastabulu,” ungkap Fuad dari GenPi Maluku Utara, dalam keterangan tertulis yang diteima cermat, Selasa (19/7).

Hiu di laut Desa Pastabulu. Foto: GenPi Maluku Utara

Teluk U adalah salah satu destinasi favorit bagi masyarakat Pastabulu di saat waktu liburan. Teluk U berada di Desa Pastabulu, Mangoli Utara Kabupaten Sula, Maluku Utara. Pulau dengan besar 8 kilometer ini menyimpan potensi wisata yang luar biasa.

Penyu di desa Pastabulu. Foto: GenPi Maluku Utara

“Syira Dinda juga berkesempatan menyelam di beberapa titik spot diving dan apa yang di temukan pada spot pertamanya yaitu Shark Black Tip beberapa ekor dengan ukuran besar kurang lebih 2 meter, segerombolan barakuda yang sedang menari di sekitarnya dan si cantik penyu mendampinginya selama berada di dalam laut,” ungkap Fuad.

“Bahkan tida khabis-habisnya Syra Dinda mengungkapkan kekagumannya pada potensi yang ada di Pastabulu,” tambahnya.

Saat diving di laut Pastabulu. Foto: GenPi Maluku Utara

“Pastabulu memang layak menjadi Destinasi Wisata favorit Kepulauan Sula dengan berbagai potensi mulai dari alam, underwaternya, budaya, kuliner yang dikenal dengan olahan Bia Popaci dan Bia Paaka atau kerang ini sangat nyusss dan masyarakat yang sangat ramah dan welcome atas pengunjung wisatawan yang ke Pastabulu,” Kata Syra Adinda

Potret di desa Pastabulu. Foto: Fuad/GenPi Maluku Utara

“Semoga besok festival Nelayan Desa Pastabulu 23-28 Agustus 2022 sukses dan berjalan dengan lancar, amiiin,” tambah Dinda.

Penulis: Faris Bobero
  • Bagikan