News  

51 Panwaslu Kecamatan di Halmahera Utara Resmi Dilantik 

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halmahera Utara, Maluku Utara, Ahmad Idris resmi melantik 51 Panwaslu Kecamatan, Sabtu, 25 Mei 2024.

Selain pelantikan, 51 Panwaslu ini juga diberikan pembekalan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024 di Hotel Greenland Tobelo.

Pelantikan ini berdasarkan surat keputusan Nomor: 039/KP.01.00/K.MU-03/05/2024 tentang penetapan anggota panwascam sekabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara

Ketua Bawaslu Halut Ahmad Idris mengatakan, tahapan pilkada 2024 sudah dimulai sesuai dengan PKPU 2 terkait tahapan dan jadwal. Setelah PKPU itu lahir diterbitkan oleh KPU Republik Indonesia berdasarkan perintah dan instruksi badan pengawas RI kepada seluruh jajaran Bawaslu kabupaten/kota se-Indonesia. Instruksi itu agar segerah membentuk struktur kelembagaan dalam rangka menghadapi pilkada 2024 yaitu Panwascam dan PKD yang sementara lagi proses.

“Tahapan proses pembentukan kelembagaan Bawaslu di tingkat kecamatan telah kita lalui tahap demi tahap. Dimulai dari pengumuman, pendaftaran, tes tertulis kemudian dilanjutkan dengan wawancara hingga sampai hari ini ditetapkan dan dilantik 51 orang anggota Panwascam dalam Pilkada 2024 di wilayah Kabupaten Halmahera Utara,” ujarnya

“Muda-mudahan amanah dan tanggung jawab yang telah diberikan kepada seluruh anggota Panwascam yang baru dilantik ini dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Halmahera Utara yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Fredrik Nelson Sahetapi mengatakan, tugas dan tanggung jawab sebagai anggota pengawas pemilu merupakan hal sangat fundamental. Jika sudah diberikan sumpah dan janji sudah diucapkan terkait Pakat integritas agar jangan hanya sekedar diucapkan saja tetapi harus dipraktekkan ketika bertugas dalam hal pengawasan pada pilkada nanti.

Baca Juga:  Masuk Dapil Ternate Selatan-Moti, MGB: di Mana pun Saya Siap

“Sumpah ini, saudara-saudara akan mempertanggung jawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa maupun kepada masyarakat Halut dan masyarakat provinsi Malut secara umum. Ini hal yang sangat penting” imbuhnya

“Kami berharap, seluruh proses pengawasan pemilihan kepala daerah tahun 2024 agar dilaksanakan secara baik dan bertanggung jawab. Integritas saudara-saudari akan dipertanggung jawabkan kerja-kerja pengawasan dalam proses pemilihan kepala daerah di halut baik itu gubernur maupun pemilihan bupati dan wakil bupati semuanya berjalan dengan baik” harapnya

Nelson menambhakan, Pemerintah Daerah bertanggung jawab untuk mendukung seluruh tahapan dan kerja-kerja Bawaslu dan penyelenggara pemilu lainnya dengan berbagai hal.

“Mari semua bergandengan tangan tetap bersatu untuk mensukseskan pemilihan kepala daerah ini dengan kerja-kerja kita sesuai dengan bidang kita masing-masing,” jelasnya.

—-

Penulis: Agus Salim Abas

Editor: Ghalim Umabaihi