Internalisasi Nilai Moral Pada Anak

*Oleh Nurangsih S Hasan

 

SEKOLAH merupakan institusi pendidikan yang paling penting dalam merekonstruksi moralitas anak. Selain itu, sekolah juga berfungsi melakukan internalisasi nilai melalui sosialisasi mengenai pentingnya nilai-nilai moral dan karakter serta kesantunan pada anak, karena anak merupakan investasi masa depan yang harus dikembangkan secara optimal.

Tanpa adanya stimulus dan ajaran dari orang tua dan guru pada anak, potensi yang dibawa anak sejak lahir tidak akan mampu berkembang secara optimal. Salah satunya adalah perkembangan  anak dalam penanaman nilai moral.

Pendidikan anak usia dini sangatlah penting. Pentingnya pendidikan anak sejak usia dini juga didasarkan pada UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah salah satu upaya pembinaan yang ditujukan untuk anak sejak lahir sampai dengan 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut (Pasal 1 butir 14). Berdasarkan hal-hal tersebut maka jelaslah bahwa pendidikan sejak usia dini sangatlah penting.

Baca Juga:  Negara Boneka dan Pemimpin Masa Depan