News  

3 Bulan Berlalu, Juara Kompetisi UMKM di Tidore Belum Terima Hadiah

Para juara festival UMKM di Tidore. Foto: Istimewa

Sejumlah peserta yang menjuarai kompetisi Syukur Dofu UMKM Festival yang digelar oleh SON Entertainment di Kota Tidore, Maluku Utara, harus termangu menunggu nasib.

Pasalnya, para jawara dari event yang digelar sejak Agustus 2023 itu hingga kini belum menerima hadiah dari tim pelaksana meski sudah dijanjikan.

Dari total 40 UMKM yang bersaing, ada empat peserta UMKM yang menjuarai kegiatan ini, salah satunya adalah perwakilan UMKM Bestie Banana.

Founder Besti Banana Heri Susanto kepada cermat mengungkapkan, awalnya total hadiah yang dijanjikan dalam kegiatan tersebut senilai Rp30 juta. Namun, setelah penetapan pemenang, total hadiah kemudian menjadi Rp20 juta.

“Total hadiah pembinaan awalnya yang terkonfirmasi itu Rp30 juta, tapi setelah penetapan pemenang total hadiah hanya 20 juta dan itu tanpa ada konfirmasi apapun selama lomba berlangsung,” ungkap Heri, Senin, 30 November 2023.

“Dan sampai saat ini tidak ada kepastian yang bisa dipertanggungjawabkan kapan hadiah tersebut akan disalurkan,” sambungnya.

Heri menyebut pihaknya terus melakukan konfirmasi terkait lambannya penyaluran hadiah pemenang tersebut.

Sementara itu, pihak SON Entertainment, Abdul Haris Muhiddin menjelaskan bahwa memang belum ada penyaluran hadiah bagi para pemenang kompetisi UMKM pada acara Syukur Dofu UMKM Festival 2023.

Kendari begitu, ia bilang, pihaknya tetap mengonfirmasi para pemenang untuk disalurkan secepatnya.

“Sejauh ini komunikasi kami tetap intens dan baik saja. Jadi tidak ada indikasi kecurangan atau ingin kabur maupun penipuan sama sekali tidak ada,” ujarnya.

Ia menuturkan, dari awal kegiatan kompetisi, para peserta tidak dikenakan pungutan biaya pendaftaran. Jadi diminta untuk bersabar, sebab saat ini hanya masalah keterlambatan penyaluran.

“Inikan event sosial, jadi memang kemarin itu kami sempat mengalami kerugian karena ada pembatalan sponsor, sehingga ada hal-hal yang urgen yang didahulukan,” paparnya.

Baca Juga:  Polda Periksa Kepala DPMD Halsel dalam Kasus Dugaan Penipuan dan Penggelapan

“Informasi ini juga sudah diterima Bank Indonesia (BI) yang juga sebagai sponsor kegiatan, kami juga sudah jelaskan. Ini sebenarnya hanya beberapa orang saja yang menuntut segera disalurkan, tapi kami tetap salurkan walaupun waktunya sudah cukup lama,” pungkasnya.

—–

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat