Advetorial

Biro Humas dan Protokol ATR/BPN Genjot Capaian Program hingga Akhir 2025

Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus mengakselerasi capaian program kerja bidang kehumasan demi hasil maksimal hingga akhir 2025.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol, Harison Mocodompis, dalam Evaluasi dan Analisis Kinerja Program dan Kegiatan Triwulan II Kementerian ATR/BPN Tahun 2025, Senin, 14 Juli 2025.

“Saya optimis target-target kerja dapat tercapai di akhir tahun. Saat ini semuanya masih on the track dan mendukung tujuan jangka menengah,” ujar Harison dalam pemaparannya secara daring.

Pada Triwulan II, Biro Humas dan Protokol menetapkan sejumlah rencana strategis, antara lain:

  1. Mempertahankan predikat informatif dalam Keterbukaan Informasi Publik dan mendorong lebih banyak satuan kerja meraih predikat serupa;
  2. Meningkatkan indeks pengelolaan pengaduan baik di pusat maupun daerah;
  3. Menembus tiga besar Share of Voice (SOV) pemberitaan nasional tahun 2025;
  4. Meningkatkan jumlah pengikut media sosial: 1 juta followers di Instagram, 100.000 di TikTok, dan 80.000 subscribers di YouTube.

Capaian kinerja Biro Humas dan Protokol selama Triwulan II menunjukkan tren positif. Beberapa indikator yang berhasil melampaui target antara lain:

  1. Layanan Perkantoran: 100% (target 100%)
  2. Ketatausahaan dan Keprotokolan Pimpinan: 100% (target 100%)
  3. Tindak Lanjut Pengaduan Masyarakat: 102,39% (target 95%)
  4. Layanan Informasi Publik: 82,49% (target 95%)
  5. Strategi Komunikasi Publik: 82,26% (target 50%)

Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama, Andi Tenri Abeng, mengapresiasi kinerja Biro Humas dan Protokol yang berhasil meraih nilai AA dalam penilaian SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah). Capaian ini menempatkan Biro Humas dan Protokol sejajar dengan unit-unit berprestasi lainnya seperti Ditjen Tata Ruang, Biro Hukum, dan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin).

“Kami harap capaian SAKIP ke depan dapat terus ditingkatkan, minimal meraih nilai A,” kata Andi.

Meski demikian, ia mengingatkan pentingnya peningkatan kualitas layanan, khususnya dalam penanganan pengaduan publik. “Kami sarankan agar sosialisasi kepada satuan kerja daerah menekankan pentingnya pelayanan yang responsif, baik melalui WhatsApp maupun secara langsung,” tambahnya.

Sesi evaluasi daring ini juga dihadiri oleh Kepala Biro Hukum Nugraha, Kepala Pusdatin I Ketut Gede Ary Sucaya, Inspektur Wilayah II Tri Wibisono, dan Ketua Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Sri Yanti Achmad.

cermat

Recent Posts

BUMD PCM Haltim Jalin Kerja Sama Strategis dengan BUMD Dharma Shantika Tabanan

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perdana Cipta Mandiri (PCM) Kabupaten Halmahera Timur menjalin kerja sama…

20 jam ago

Sofifi: Antara Narasi Yuridis dan Jalan Menuju Kota Definitif

Oleh: Indra Abidin, S.Pd., M.Pd.*   HAMPIR semua saluran komunikasi publik saat ini menyoroti isu…

20 jam ago

Warga Keluhkan Kendaraan Tanpa Plat Terus Mengantri BBM Subsidi di SPBU Wari

Sejumlah pengendara kembali keluhkan pelayanan yang dilakukan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Wari, Tobelo,…

21 jam ago

Daerah yang Punya Istilah ‘Kalah Ganti’ Kini ‘Pecat’ 35 Tenaga Kesehatan

Oleh: Agusalim Abas Jurnalis cermat Kata bijak menulis begini, “Doa paling tulus ada di rumah…

1 hari ago

Protes Karena Honor Tak Dibayar, 35 Nakes RSUD Tobelo ‘Dipecat’

Nasib nahas dialami 35 tenaga kesehatan (Nakes) di RSUD Tobelo, Hamahera Utara. Bukannya menerima honor…

1 hari ago

BKD Haltim Usul Pembatalan Kelulusan 6 PPPK Setelah Terima Laporan Tak Aktif Bekerja

Bandan Kepegawaian Daerah (BKD) Halmahera Timur (Haltim) akhirnya mengusulkan pembatalan kelulusan 6 tenaga Pegawai Pemerintah…

1 hari ago