News  

Gelar Operasi, Satlantas Kepulauan Sula Ingatkan Warga Tak Berkendara Sambil Main Gawai

Operasi Keselamatan Kieraha 2024 oleh Satlantas Polres Kepulauan Sula. Foto: Ijat/cermat

Satlantas Polres Kepulauan Sula, Maluku Utara, resmi menggelar operasi keselamatan Kieraha tahun 2024 hingga memberikan edukasi kepada pengendara roda dua dan empat.

Edukasi oleh Satlantas Polres Kepulauan Sula ini guna meminimalisir angka kecelakaan dan meningkatkan kesadaran terhadap masyarakat dalam berlalulintas.

Kasat Lantas Polres Sula, AKP Walid Buamona mengatakan, giat tersebut berfokus pada kegiatan preemtif, preventif, serta teguran. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi risiko terjadi kecelakaan.

Ia bilang, ada beberapa sasaran dan target operasi yang dilakukan  di antaranya mengemudi sambil menggunakan gawai (ponsel), pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari 2 orang, dan tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kemudian, berkendara dalam pengaruh alkohol, melawan arus, tidak menggunakan sabuk pengaman, melebihi batas kecepatan serta kendaraan yang menggunakan knalpot borong.

“Dengan adanya operasi ini, kami harapkan dapat mengurangi angka kecelakaan serta memperbaiki budaya berlalu lintas yang lebih aman dan tertib di wilayah Kota Sanana,” kata Walid kepada cermat, Selasa, 5 Maret 2024.

Ia menyebut kegiatan ini juga merupakan Operasi Cipta Kamseltibcarlantas yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari yang dimulai dari tanggal 4-17 Maret 2024.

“Pada prinsipnya operasi ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berkendara sehingga terhindar dari kecelakaan,” tutupnya.

Baca Juga:  Tenaga Teknis PPPK Taliabu Resmi Terima SK, Ini Daftar Nama dan Penempatannya