News  

Nama Bacaleg Diubah, Kader NasDem Kota Ternate Lakukan Demo di Kantor DPW

Para kader membakar ban bekas di Pelataran Kantor DPW NasDem Malut. Aksi itu sebagai sikap protes atas perubahan nama bacaleg. Foto: Rian/cermat

Sejumlah kader DPC Partai Nasdem Kota Ternate menggelar aksi unjuk rasa di Pelataran Kantor DPW Nasdem Maluku Utara, Minggu petang, 9 Juli 2023.

Hasil amatan cermat, protes itu diwarnai pembakaran ban bekas oleh massa aksi. Mereka juga mencoret bagian pintu masuk Kantor DPW Malut.

Puluhan kader ini juga memasang sejumlah selebaran yang ditempel pada bagian dinding gedung tersebut.

Selebaran itu bertuliskan, “Kembalikan daftar caleg sesuai pleno,” adapun “Turunkan Hatari dan Malik Ibrahim,”.

Terkait hal itu, Anggota Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD Nasdem Ternate, Jamaludin Bailusy, mengatakan, aksi ini dilakukan lantaran terdapat nama bakal calon (bacaleg) mengalami perubahan.

“Tadi malam terkonfirmasi nama caleg yang kita usulkan itu berubah, makanya kita datangi DPW meminta kejelasan kenapa sampai berubah,” kata Jamaludin.

Padahal, ia bilang, nama-nama yang diusulkan itu sebelumnya telah melalui mekanisme yang diatur dalam AD/ART.

“Mekanisme perekrutan sampai pada penetapan bacaleg itu sudah kita penuhi semua. Tapi, tiba-tiba menjelang penutupan pendaftaran di KPU ada nama-nama yang berubah. Ada apa ini?,” ujarnya.

Ia mengaku pihaknya bersama kader lainnya merasa kecewa dengan penetapan tersebut.

“Kenapa, calon-calon memiliki potensi meraih suara yang sudah kita usung tiba-tiba diganti dengan orang-orang yang dilihat dari hasil survei tidak berkompeten,” tandasnya.


Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  KPU Kota Ternate Mulai Distribusi Logistik Pemilu Tahap Pertama