News  

Ratusan Jaksa dan Pegawai Kejati Maluku Utara Tiba-tiba Dites Urine

Kajati Maluku Utara saat melakukan konfrensi pers usai melakukan tes urine. Foto: Istimewa

125 pegawai Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara tiba-tiba dikumpulkan dan langsung dilakukan tes urine atas kerja sama dengan Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP).

Hal ini bentuk dari tindaklanjuti instruksi Jaksa Agung, ST Burhanuddin.

Saat dilakukan tes urine, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku Utara, Herry Ahmad Pribadi menjadi paling utama dilakukan tes.

Herry Ahmad Pribadi kepada awak media mengatakan, tes urine ini sebagai langkah awal untuk mengantisipasi keterlibatan oknum pegawai dengan narkoba.

“Oknum Jaksa maupun pegawai Kejaksaan yang coba-coba terlibat narkoba baik langsung maupun tidak langsung dipastikan akan diberikan sanksi keras,” tegasnya.

Herry mengingatkan kepada semua jaksa maupun pegawai agar hidup sehat tanpa narkoba. Karena, kata ia, jika dibebankan dengan narkoba, tidak akan fokus dalam melakukan pekerjaan yang akan dilaksanakan.

“Semua harus bersih, karena kalau bersih tentunya akan sehat. Dan kalau sehat, pasti semua pekerjaan bisa dikerjakan. Tapi kalau sakit, pekerjaan juga akan menumpuk,” akuinya.

Herry bilang, dari 125 pegawai yang ada di Kejati Maluku Utara termasuk ASN dan honorer, yang telah melaksanakan tes urine sebanyak 106 orang. Sementara, sebagian yang belum dilakukan tes urine, karena melaksanakan tugas, tapi mereka akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Mereka yang belum sempat, kita akan lakukan pemeriksaan kembali sehingga hasilnya bisa kita tau secara pasti,” ucapnya.

Herry menegaskan langkah yang dilakukan ini sebagai bentuk pencegahan sehingga ke depan jika ada yang terbukti maka saksi keras siap diberikan. Selain itu, dirinya juga akan memerintahkan Kajari jajaran untuk dilakukan tes urine baik Jaksa maupun pegawai.

“Narkoba ini sudah jadi peringatan keras dari pimpinan kita, sehingga ke depan kalau masih ada yang terlibat, apalagi kalau ada bukti, maka pasti akan diberikan sanksi paling keras,” pungkasnya.

Baca Juga:  Polsek Ternate Selatan Kembali Amankan Puluhan Kantong Miras Tradisional

—-

Penulis: Samsul Laijou

Editor: Ghalim Umabaihi