News  

Sultan Tidore Sapa Pengungsi Erupsi Gunung Ibu usai Salurkan Bantuan

Sultan Tidore sapa pengungsi erupsi gunung Ibu usai salurkan bantuan. Foto: Istimewa

Sultan Tidore Husain Sjah memberikan bantuan kepada para pengungsi erupsi gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara.

Pemberian bantuan tersebut diberikan saat Husain Sjah meninjau lokasi pengungsian pada Minggu, 9 Juni 2024.

Kedatangan Sultan Tidore ini diterima oleh Kepala BPBD Halmahera Barat Gunawan MT Ali, Camat Tobaru Aknosius Datang, Kepala Desa, dan Babinsa.

Pada kesempatan itu, Husain Sjah menyerahkan langsung bantuan secara simbolik kepada pengungsi.

Bantuan yang diberikan itu berupa kebutuhan bayi dan anak-anak, serta logistik lainnya.

“Hari ini atas nama pribadi dan anggota DPD RI, saya mengantar bantuan untuk saudara-saudara saya yang berada di lokasi bantuan. Mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban saudara saya yang terkena dampak erupsi gunung Ibu ini,” kata Husain.

“Saya berharap bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan gizi anak dan melindungi mereka dari penyakit,” sambung Husain.

Bantuan yang diberikan oleh Anggota DPD RI ini merupakan yang kedua kalinya, setelah sebelumnya, memberikan bantuan masker.

Sebagai anggota DPD RI, lanjut Husain, ia juga melakukan koordinasi dengan kementerian sosial RI, dan beberapa kementerian terkait untuk memberi perhatian pada korban bencana ini.

“Saya juga intens berkordinasi dengan BNPB dan Pihak TNI agar saudara kita yang saat ini dilanda bencana gunung api diberi bantuan,” ungkap Husain Sjah.

Pada kesempatan itu, Sultan Tidore juga menyapa para pengungsi di pos satu di desa Tongute Ternate dan pos dua di lapangan Desa Gam Ici.

Husain berharap bencana erupsi gunung Ibu, Halmahera Barat cepat berlalu agar warga dapat beraktivitas dengan normal kembali seperti sebelumnya.

“Bagi warga Halmahera Barat, khususnya di Ibu ini semoga diberikan ketabahan dan kesabaran menghadapi ujian ini. Kita doakan agar bencana ini cepat berlalu,” ucapnya.

Baca Juga:  Jambore BPAN di Tobelo: Lestarikan Bumi untuk Generasi

Sebagai sesama manusia, terutama di Maluku Utara, Husain mengaku kedatangannya menjenguk masyarakat Ibu sebagai panggilan kemanusiaan. “Saya datang untuk melihat dan merasakan apa yang dirasakan saudara kita di Ibu,” tandas Husain.

Sementara, salah satu pengungsi, Tince, yang berada di posko, menyampaikan rasa syukurnya atas kedatangan Sultan Tidore.

“Kami bersama pengungsi yang lain yang berada di posko sangat bersyukur atas kedatangan Sultan Tidore sekaligus menyerahkan bantuan berupa kit baby atau perlengkapan bayi yang ada di tenda pengungsian. Terima kasih Ou so datang lia, bantu dan doakan pa torang samua,” ucapnya.

—-

Penulis: Tim cermat

Editor: Ghalim Umabaihi