News  

4 Kali Bertanding, Ini Catatan Manarik dari Malut United FC di Liga 2

Pemain Malut United saat memberikan penghormatan kepada penonton yang hadir di stadion Wibawa Mukti. Foto: Istimewa

Tak mudah bagi Malut United FC mencapai peringkat ke-3 di Grup B Pegadaian Liga 2 pada 2023-2024 setelah menaklukan Perserang dan Nusantara United. Tim julukan Laskar Kie Raha ini juga sekali kalah dan sekali imbang.

Dari empat pertandingan yang sudah dilakoni di Grup B Liga 2 musim ini, ada beberapa catatan menarik dari Malut United FC.

Pertama, coach Imran Nahumarury sudah menurunkan total 23 pemain dalam empat laga itu. Sebanyak 20 pernah bermain sejak awal alias masuk starting line-up.

Ada dua pemain yang tak pernah lepas sebagai starter, yakni bek kanan Mohammad Bagus Nirwanto dan gelandang Finky Pasamba.

“Di pertandingan kelima menghadapi Persikab Kabupaten Bandung, Finky akan absen karena sudah mengantongi 3 kartu kuning,” ujar Imran Nahumarury.

Tak hanya Finky, Malut United juga akan kehilangan striker Derick Sasraku asal Ghana, gelandang Mukhammad Isaev (Uzbekistan), dan winger Rafli Selang yang harus menjalani hukuman.

“Sejak awal pembentukan tim ini, saya ingin semua pemain berkompetisi menjadi starter. Semua mereka punya kesempatan, asal diperlihatkan lewat kemampuan dan keseriusan saat berlatih,” kata Imran, mantan gelandang tim nasional Indonesia di era 1999-2005.

Imran memang mengakui para pemain Malut United tak memiliki kualitas yang sama, termasuk jam terbang berkompetisi. Namun, ia menegaskan pemain Malut United tak boleh berstatus pelengkap.

“Tak ada pemain yang tak tergantikan. Entah pemain senior atau pemain asing, semua bisa kami rotasi. Hanya saja, memang kami membutuhkan pemain yang bisa cepat beradaptasi pada kompetisi karena Malut United berlaga di luar kampung halaman. Kami tidak seperti klub lain yang mendapatkan dukungan penuh dari suporter sendiri,” kata Imran.

Baca Juga:  Jaksa Jadwalkan Pemanggilan Kadis Perindag soal Dugaan Mafia Pasar di Ternate

Catatan lain, baru ada 4 pemain Malut United yang masuk daftar pencetak gol. Hari Nur Yulianto mencetak 2 gol ketika menghadapi Perserang, lalu Ilham Udin Armaiyn (vs PSKC), Achmad Subagja Baasith (vs Perserang), dan Ichlasul Qadri (vs Nusantara United) masing-masing mencetak satu gol.

Satu gol bunuh diri lawan didapat Malut United dari pemain Nusantara United (Komang Tri Arta Wiguna) saat Laskar Kie Raha menang 2-1 di Stadion Wibawa Mukti (9/10/2023).

Kemudian, ada data dan fakta Laskar Kie Raha yang wajib menjadi perhatian tim pelatih. Dari empat pertandingan yang sudah dijalani, tak sekalipun gawang Malut United bersih dari gol alias clean sheet. Dua kiper yang turun sebagai starter, Aldhila Ray Redondo dan Joko Ribowo, bergantian memungut bola dari gawangnya.

Plus, dua kemenangan saat ini diraih Malut United setelah dalam keadaan lawan unggul gol. Melawan Perserang, Laskar Kie Raha sempat dalam kondisi tertinggal 1-2 di menit ke-26 sebelum akhirnya menang 3-2 di pengunjung laga. Dua gol dilesakkan Hari Nur di menit ke-88 dan 90′.

Begitu pula melawan Nusantara United. Gawang Ray Redondo kebobolan lebih dahulu di menit ke-69 sebelum akhirnya menang 2-1. Tercipta dua gol dalam 8 menit akibat gol bunuh diri Komang Tri Arta Wiguna (80′) dan gol Ichlasul Qadri (88′). (RLS)

——

Editor: Ghalim Umabaihi