Awal 2024, Disbud Ternate Siapkan Kurikulum Bahasa Daerah Tingkat SMP

Kepala Dikbud Kota Ternate, Sarif Hi. Sabatun. Foto: Muhammad Ilham Yahya/cermat

Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Ternate, Maluku Utara, saat ini tengah menyusun kurikulum bahasa daerah yang diperuntukkan bagi tingkat SMP.

Kepala Disbud Kota Ternate, Sarif H Sabatun mengatakan, penyusunan kurikulum bahasa daerah tersebut akan dilakukan secara bertahap.

“Kita kan sudah ada kurikulum tingkat SD. Tapi sudah tidak nyambung lagi ke atas, di SMP, maka dari itu kita buat ini agar bisa nyambung ke atas,” kata Sarif kepada cermat, Jumat, 12 Januari 2024.

 

Rencana penyusunan kurikulum pada awal tahun 2024 ini, kata Sarif, juga akan dilakukan melalui kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

“Jadi awal tahun ini kita buat (kurikulum) itu secara bertahap, karena di tingkat SD sudah ada maka selanjutnya tingkat SMP, kemudian kita kerja sama dengan provinsi,” ujar Sarif.

Untuk kurikulum bahasa daerah tingkat SMA, menurut dia, merupakan wewenang Pemerintah Provinsi. Sementara itu, rumusan kurikulum ini juga disesuaikan sehingga dari tingkat SD hingga SMA bisa nyambung.

“Kita juga berupaya memasukkan studi bahasa Ternate ini ke Universitas Unkhair sebagai satu program studi di Fakultas Ilmu Budaya,” pungkasnya.

——–

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  Ikut Rakor RTRW di Jakarta, Bupati Bassam: Pembangunan Harus Berwawasan Lingkungan