News  

Galim Umabaihi Pimpin Cermat Partner Resmi Kumparan, Gantikan Faris Bobero

Pemimpin redaksi cermat partner resmi kumparan, Galim Umabaihi, mengantikan posisi Faris Bobero. Dok: cermat

M. Galim Umabaihi resmi menjabat sebagai pemimpin redaksi (pemred) cermat.co.id, menggantikan posisi Faris Bobero.

Keputusan mengangkat Galim sebagai pemred melalui rapat khusus redaksi PT Cermat Media Aksara, pada Kamis (9/3).

Galim dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas amanah yang dipercayakan kepadanya untuk memimpin cermat ke depan.

Bagi Galim, pertumbuhan media daring yang menjamur akhir-akhir ini, cermat, sebagaimana media lainnya, juga memiliki tantangan yang cukup berat.

Dari aspek redaksi, misalnya, cermat harus bersaing dengan netizen, termasuk informasi hoaks yang beredar massif di media sosial.

“Sementara dari sisi bisnis, selain dengan sesama media daring lain, cermat akan bersaing dengan media platform seperti Facebook dan Google,” jelas Galim.

Kendati begitu, ia tetap optimis. Apalagi media ini telah memiliki pembaca tetap. Karena itu, ia akan memulai dengan memperbaiki redaksi, menyajikan berita yang dalam untuk memenuhi kebutuhan informasi publik.

“Saya percaya, jika urusan redaksi berjalan maksimal, dari sisi bisnis akan menyesuaikan dan berkembang baik,” tandasnya.

Sementara itu, Faris Bobero, mengatakan sudah saatnya cermat berganti tunggung jawab, dipimpin oleh orang muda yang punya etos jurnalis.

“Galim, adalah satu-satunya di cermat yang dapat menjiwai peran dan ciri khas cermat itu sendiri,” ungkap Faris.

Cermat adalah ‘Anak asuh’ Faris Bobero yang lahir dari rahim media komunitas jalamalut, yang juga digagas Faris bersama teman-teman.

Pada medio 2018, tepatnya pada 19 Desember pukul 00.00 WIT, Faris mendapat kabar gembira, ia lolos bersama 24 media lainnya dalam program 1001 startup media online kumparan. Cermat pun bergabung dengan program itu.

Faris bersyukur, sebab, ia mendapat kesempatan karena saat itu banyak konsep media dan ide menarik yang ditawarkan oleh lebih dari 1.700 peserta yang mendaftar.

Baca Juga:  Pendidikan Itu Melawan!

Setelah melalui proses seleksi yang panjang, hati-hati, dan saksama, kumparan memilih 25 peserta yang paling sesuai dengan program kumparan 1001 Startup media Online, termasuk cermat.

Faris bilang, nama cermat memang diusungnya secara cepat, namun, dalam kamus Tesaurus mengartikan Cermat: 1. awas, hati-hati, jeli, ketat, open, saksama. Telaten. Teliti; akurat, eksak, korek. 2. Gemi, hemat, irit, mencermatkan-mencermati, memerhatikan, mengamati, menilik; kecermatan, akurasi, ketelitian.

Cermat merupakan singkatan dari Cerita Maluku Utara. Selaras dengan singkatannya, nama tersebut menegaskan untuk terus belajar dengan teliti, melihat, menulis, dan ceritakan dengan cermat tentang Maluku Utara.

Faris sadar, setahun ini, ketika ia disibukkan dengan urusan rumah, di luar kerja-kerja jurnalistik, konten dan kualitas cermat tahun-tahun ini menurun. Sebab itu, ia berharap, Galim dapat menjalankan misi dengan cermat.

“Mendengar suara pelosok, menenun makna. Ceritakan apa yang tidak terkabarkan tentang sketsa kehidupan masyarakat pulau-pulau kecil di Maluku Utara,” pesan Faris.