News  

Gelar Sosialisasi bersama BKKBN di Halut, Irine Roba Targetkan Angka Stunting Indonesia Turun

Anggota DPR RI Irine Yusiana Roba Putri dalam gelar Sosialiasi dan Kie Program Bangga Kencana Bersama Mitra Kerja di Halmahera Utara, Maluku Utara. Foto: Istimewa

Anggota DPR RI Komisi V Dapil Maluku Utara, Irine Yusiana Roba Putri, kembali menggelar Sosialisasi dan Kie Program Bangga Kencana Bersama Mitra Kerja. Kali ini, sosialisasi yang diselenggarakan bersama BKKBN Maluku Utara itu dipusatkan di Desa Lina Ino, Tobelo Tengah, Halmahera Utara, pada Selasa, 25 Juli 2023.

Irine mengatakan bahwa tingginya angka stunting yang mencapai 21,6 persen di tahun 2022 menjadikan Indonesia sebagai negara yang berada di peringkat teratas masalah stunting.

“Mengapa pemerintah melalui BKKBN mengeluarkan anggaran untuk mengatasi persoalan stunting? Ini karena angka stunting di Indonesia itu tinggi, yang menjadi keprihatinan pemerintah dan DPR RI,” kata Irine, Selasa, 25 Juli 2023.

“Data Bank Dunia menunjukkan setidaknya 54% angkatan kerja Indonesia saat ini mengalami stunting saat mereka bayi, sehingga kualitas SDM ini lebih rendah dibanding teman-temannya yang mengalami gizi cukup saat balita,” lanjut Irine menerangkan.

Karena itu, kata dia, sejak awal 2021 Pemerintah Indonesia menargetkan angka stunting turun menjadi 14 persen pada 2024 mendatang.

“Ini adalah target kita bersama, yang tentunya melibatkan orangtua dan calon orangtua,” ucap politisi PDI Perjuangan tersebut.

Ia berharap pencegahan dan penanganan stunting di Halmahera Utara dapat berjalan dengan baik untuk mendukung penurunan angka stunting.

Sementara, perwakilan BKKBN Malut Nuryamin menambahkan, pihaknya merasa bangga dengan kehadiran Irine Roba, sebagai Anggota DPR RI dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat penting karena itu ibu-ibu harus mengetahui tujuan program ini, yang juga tentu bermanfaat bagi kesehatan orangtua,” ucapnya.

Ia menambahkan, sosialisasi yang diikuti banyak peserta itu dirangkaikan dengan pembagian doorprize menarik.

————–

Penulis: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  Polda Sebut Ternate dan Halteng Masuk Zona Rawan Jelang Pemilu 2024