News  

Hari Pers Nasional, Tauhid: Pimpinan OPD Jangan Hindari Wartawan

Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman saat membuka Turnamen Cock Cup U21. Foto: Istimewa

Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman menegaskan agar para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) tak menghindari aktivitas wartawan saat melakukan liputan.

Hal itu disampaikan Tauhid dalam peringatan Hari Pers Nasional 2024 bersama perkumpulan Pers Liputan Kota (Pelita) di Cengkeh Afo, Kelurahan Tongole, Kota Ternate.

Baca Juga:  Polresta Latih Ratusan Putra-putri Tidore untuk Mengikuti Seleksi Bintara Polri

Tauhid menuturkan bahwa kinerja insan pers merupakan wujud pengawasan terhadap pemerintah.

“Konteksnya adalah pers tetap berada dalam kedudukannya saat ini, yang mana berfungsi sebagai mimbar dan pengawasan terhadap pemerintah yang juga ikut menyampaikan hal-hal yang menyangkut dengan kebutuhan masyarakat. Dan untuk kepala OPD jangan alergi terhadap kehadiran  wartawan,” kata Tauhid, Sabtu, 10 Februari 2024.

Baca Juga:  Usut Kasus Penganiayaan Jurnalis di Halsel, KontraS Minta Pelaku TNI-AL Ditindak Tegas

Momentum Hari Pers yang bersamaan dengan pesta demokrasi ini, kata Tauhid, diharapkan menjadi penyeimbang dalam mengawal kepentingan publik.

“Apalagi dengan konteks modern saat ini tidak terkecuali di Jakarta, di daerah pun pers tetap menjadi bagian terpenting untuk mengawal pemerintahan,” ujarnya.

Baca Juga:  Dapat Rekomendasi PKS, Muhammad Kasuba dan Bassam Siap Bertarung Kepala Daerah

“Saya pikir pers menyuarakan hal –hal yang benar, pers tetap kedudukannya sebagai pemberi informasi sekaligus menjaga kebenaran dan kejujuran. Saya pikir pers saat ini menjadi mitra dan alat untuk mengawasi pemerintahan.”

Penulis: Muhammad Ilham YahyaEditor: Rian Hidayat