Ikut Rakor RTRW di Jakarta, Bupati Bassam: Pembangunan Harus Berwawasan Lingkungan

Bupati Halsel Bassam Kasuba saat mengikuti Rakor Renperda RTRW di Jakarta. Foto: Istimewa

Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba berkesempatan mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektor dalam rangka pembahasan Ranperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Maluku Utara tahun 2024-2043.

Rapat tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Direktorat Jenderal Tata Ruang RI, di The Westin Jakarta, pada Senin, 4 Maret 2024.

Dalam kesempatan itu, Bassam menyampaikan perlu adanya jaminan atas terwujudnya ruang wilayah yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan dengan mengkolaborasikan rencana pemerintah pusat dan daerah terkait RTRW.

“Pemerintah daerah akan terus konsisten dan berkomitmen supaya rencana ini segera diselesaikan,” ujar Bassam.

Orang nomor satu Halsel itu menjelaskan, melalui peraturan penataan ruang dapat mewujudkan keterpaduan dalam penggunaan sumber daya alam dan sumber daya manusia guna meningkatkan iklim investasi dan kemudahan berusaha dengan memperhatikan prinsip pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

“Kami berharap agar hasil review diskusi kami di tingkat daerah terhadap rancangan yang ada, di mana terdapat beberapa usulan yang kami serahkan dalam rancangan agar dapat diakomodir, mengingat posisi strategis Kabupaten Halmahera Selatan sebagai kabupaten dengan luas wilayah terbesar di Maluku Utara,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu pula, Bassam menyebut, peningkatan aksesibilitas serta pemerataan pelayanan sosial ekonomi dan budaya ke seluruh Wilayah Kabupaten Halmahera Selatan dapat meningkatkan kualitas pembangunan yang lebih baik.

“Harapan kami juga, jika ini semua dapat berjalan sesuai perencanaan, maka harus tetap memperhatikan aspek-aspek lingkungan, salah satunya dengan mengoptimalkan pemanfaatan ruang kawasan budidaya dan lainnya, sehingga pembangunan yang direncanakan dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat, juga tetap memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar, khususnya di Kabupaten Halmahera Selatan,” jelas dia.

Baca Juga:  Kolaborasi, Disbud dan Disdik Kota Ternate Gelar Rapat Evaluasi Pembelajaran Bahasa Daerah

Hadir dalam kesempatan itu Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba di dampingi oleh Kepala Dinas PUPR Halsel, Ikbal Mustafa dan Kaban Bappelitbangda Halsel, Muhammad Nur.

Penulis: Safri NohEditor: Rian Hidayat