News  

Kajati Malut Dorong Kajari Jajaran Tuntaskan Target Kasus yang Ditangani

Kajati Maluku Utara, Budi Hartawan Panjaitan. Foto: Samsul/cermat

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati), Budi Hartawan Panjaitan mendorong para Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) jajaran untuk segera menuntaskan target penanganan kasus yang ditangani.

Target tersebut, sebagaimana ditetapkan Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia terhadap Kejari di daerah, setiap tahun harus menuntaskan 2 kasus.

“Kinerja kawan-kawan Kajari saya pantau terus. Selain itu, saya juga mendorong untuk tuntaskan. Memang target dari pimpinan itu 2 kasus, dan saya yakin bisa terpenuhi,” kata Budi kepada awak media, Rabu, 22 November 2023.

Walau begitu, tambah Budi, jika target tidak terpenuhi target, yang bisa melakukan evaluasi hanya pimpinan di Kejagung. Budi mengaku hanya membangkitkan semangat para Kajari untuk menuntaskan kasus.

“Saya yakin mereka sudah bekerja dengan baik. Mungkin mereka belum menemukan untuk sementara waktu, tetapi mereka juga punya produk-produk. Saya nilai juga baik, hanya saja belum ditingkatkan,” akuinya.

Mantan Wakajati Maluku Utara ini mengingatkan kepada jajarannya agar bekerja hati-hati, terutama jelang pemilu, jangan sampai dijadikan alat untuk menjatuhkan lawan politik.

“Jangan sampai Kejaksaan dijadikan alat untuk menjatuhkan satu sama lain. Sikap kehati-hatian ini luar biasa saya terapkan kepada kawan-kawan Kajari,” katanya.

Mengenai kejadian di Bondowoso, kata Budi, ia mengaku bersama jajaran tetap menjaga integritas Kejaksaan di daerah, meski ada saja yang mencoba membangun komunikasi.

“Saya juga bersyukur punya mantan Wakajati yang doanya begitu lancar. Saya yakin para Kajari dan anggotanya juga demikian,” pungkasnya.

——

Penulis: Samsul Laijou

Editor: Ghalim Umabaihi

Baca Juga:  Napi Kasus Pencurian Kabur dari Rutan Weda, Kini Ditetapkan DPO