News  

Kesultanan Ternate Sematkan Gelar Kehormatan untuk KSAD Maruli Simanjuntak

Sultan Ternate Hidayatullah Sjah bersam permaisuri (kiri) usai memberikan gelar kehormatan kepada KSAD Maruli Simanjuntak (kanan). Foto: Muhammad Ilham Yahya/cermat

Sultan Ternate ke-49  Hidayatullah Sjah resmi menyematkan gelar kehormatan kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Gelar tersebut sebagau Kapita Ahi Besi Malamo (Panglima Besar Perang Terkuat). Pemberian gelar itu berlangsung di Foris Lamo (Ruang Tamu Besar) Kedaton Kesultanan Ternate pada  Senin, 5 Februari 2024.

Sebelum pemberian gelar, KSDA Maruli yang didampingi sang istri Paulina Pandjaitan melakukan prosesi Joko Kaha di depan Kedaton Kesultanan Ternate.

Sultan Ternate Hidayatullah Sjah dalam kesempatan tersebut berharap setelah pemberian gelar itu  dapat memacu generasi muda untuk menjadi TNI. “Kami jelas bersyukur kepata Allah SWT atas tuntunanya pak KSAD mau datang dan menerima gelar. Mudah-mudahan dengan pemberian gelar ini masyarakat Maluku Utara—generasi mudanya terpacu untuk melatih dirinya bila mana ingin menjadi tentara. Harus ada kesiapan diri sendiri, nggak bisa begitu-begitu saja masuk,” ujar Sultan.

Sementara, KSAD Maruli Simanjuntak mengatakan, pemberian gelar Ahi Besi Malamo oleh Sultan Ternate ini merupakan satu kehormatan.

“Malam ini saya merasa mendapatkan kehormatan dari Sultan setelah mendapatkan gelar kehormatan sebagai Kapita Ahi Besi Malamo, ini menjadi satu kehormatan dan kebanggan bagi saya,” tutur KSAD.

Maruli bilang, kedepan dirinya akan lebih intens lagi berkomunikasi dengan Sultan khususnya dan masyarakat di Ternate.

“Kita nanti mempunyai program-program untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI dan juga meningkatkan kehidupan masyarakat,” katanya.

Penulis: Muhammad Ilham Yahya
Editor: Redaksi

Baca Juga:  Pengembangan Wisata Pasir Anjing di Pulau Taliabu Terancam Gagal