News  

Pj Gubernur Malut Janji Lunasi Hutang DBH Pemkot Ternate

Penjabat (PJ) Gubernur Maluku Utara, Samsudin Abdul Kadir. Foto: Istimewa

Penjabat (PJ) Gubernur Maluku Utara, Samsudin Abdul Kadir, resmi melakukan pertemuan bersama Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman.

Dalam pertemuan yang turut dihadiri Sekda Kota Ternate, Rizal Marsaoly tersebut, Samsudin membahas terkait tunggakan Dana Bagi Hasil (DBH) yang sampai saat ini belum dibayarkan oleh Pemprov Maluku Utara.

Baca Juga:  Salurkan Bantuan, Pemkot Terus Dorong Pengembangan Petani di Ternate

Samsudin memastikan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti tunggakan DBH tersebut.

“Nanti kita tindaklanjuti, saya balik ke sana saya cari kepala keuangan untuk tindaklanjuti pembayaran DBH,” kata Samsudin, Senin, 20 Mei 2024.

Samsudin bilang, Pemprov Maluku Utara akan tetap berupaya membayar DBH ke Pemkot Ternate.

Baca Juga:  Sultan Tidore Bersama MPH Sinode GPM Menanam Pala di Sofifi

“Dana tersebut sudah ada dalam APBD Pemprov tinggal menunggu pencairan. Nanti saya bikin skemanya. Insya Allah bayar, sudah ada di dalam APBD, tinggal dibayar,” tegas Samsudin.

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ternate Abdullah M Saleh menuturkan, besok pihaknya juga berencana berkunjung ke Pemprov untuk membicarakan DBH.

“Besok kita rencana ke provinsi,” pungkas Abdullah.

Baca Juga:  Satgas Pangan Taliabu Musnahkan Sejumlah Barang Kadaluarsa

Sekadar diketahui, DBH untuk Kota Ternate yang belum disalurkan oleh Pemprov Maluku Utara berkisar Rp60 miliar. Nilai tersebut bahkan sudah termasuk tunggakan atau hutang sejak beberapa tahun sebelumnya.