News  

Polisi Rekayasa Lalu Lintas Jelang Upacara HUT RI di Kota Ternate

Kasat lantas Polres Ternate, Rezza. Foto: Samsul/cermat

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ternate, Maluku Utara, saat ini tengah menyiapkan rekayasa dan pengalihan arus lalu lintas.

Rekayasa ini dilakukan jelang upacara hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 yang akan dipusatkan di lapangan Ngara Lamo Ternate, Kamis, 17 Agustus 2023.

Kasat Lantas Polres Ternate, AKP Rezza Muhammad Fajrin, mengaku pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas pada beberapa titik jalan di Kota Ternate.

Terutama, kata ia, arus lalu lintas di sekitar lapangan Salero akan dialihkan saat proses pengibaran dan penurunan bendera merah putih.

“Dari arah selatan ke utara, mulai di depan RRI mesjid Sultan Ternate dan depan Hypermart. Sedangkan arah utara ke selatan, mulai dari gapura Salero, Dodoku Ali hingga terminal,” jelas Rezza, Rabu, 16 Agustus 2023.

Rezza menambahkan, di seputaran tugu Adipura hingga lampu merah Salero juga akan ditutup. Hal itu untuk mengantisipasi parkiran kendaraan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para tamu undangan.

“Akan dilakukan rekayasa singkat. Ada juga 50 personel yang akan stay bertugas di jalan untuk penertiban lalu lintas sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan,” akuinya.

Mantan Kapolsek Malifut, Halmahera Utara ini bilang, pihaknya memiliki skenario buka tutup jalan jika kondisi jalan memungkinkan.

“Seluruh pengendara roda dua maupun roda empat, diimbau untuk dapat memaklumi kondisi lalu lintas yang akan diberlakukan jelang detik-detik Proklamasi,” pungkasnya.

———-

Penulis: Samsul Laijou

Editor: Ghalim Umabaihi

Baca Juga:  Bantuan untuk Kelompok Nelayan Desa Daruba, Morotai, Resmi Diserahkan