Sekda Halut Buka Sosialisasi Sistem SIPD RI

Drs. Erasmus Joseph Papilaya, M.T.P, mewakili Bupati Halut membuka secara resmi kegiatan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara menggelar Rapat Sosialisasi Teknis Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) RI yang baru bersama ASN di Ruang Rapat Fredy Tjandua Kantor Bupati Halut, Rabu (17/01/2024).

Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Utara Drs. Erasmus Joseph Papilaya, M.T.P, mewakili Bupati Halut membuka secara resmi kegiatan ini. Turut hadir Asisten Setda Kabupaten Halut, serta perwakilan dari Perangkat Daerah lingkup Pemkab Halut.

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis SIPD ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan kesiapan Daerah dalam konteks mengimplementasikan perencanaan dan penganggaran kedalam Aplikasi SIPD yang terbaru, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Sekretaris Daerah Kabupaten Halut membuka kegiatan ini menyampaikan, “Kerja kita menjadi tuntas atau sukses, itu tergantung dari rencana yang kita lakukan. Diharapkan kepada pimpinan harus lebih meneliti baik-baik setiap perencanaan, sehingga tidak terlalu cepat mengambil kebijakan untuk melakukan pergeseran dan menjadi treble dari semua proses. Karena itu, rencanakan dengan matang semuanya,” ungkap Sekda.

Sekda menambahkan, SIPD adalah suatu sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasi, serta mengelola pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat sebagai bahan dalam pengambilan keputusan. Dalam sosialisasi ini akan dijelaskan bagaimana tata cara tahapan perencanaan dan tahapan penginputan data usulan perencanaan pembangunan yang dapat dihimpun secara reflektif dan terintegrasi dalam sistem informasi pemerintahan daerah.

“Seperti perintah Bupati mengatakan, tulis apa yang mau dikerjakan dan kerjakan apa yang sudah di tulis,” singkat Sekda.

Melalui pelaksanaan kegiatan ini, Sekda berharap, tercipta proses percepatan implementasi sistem pemerintahan daerah sehingga dapat berjalan sesuai target kinerja. (ADV)

Baca Juga:  Bupati Sula Pastikan Bangunan RS Pratama FAM Segera Rampung
Penulis: Agusalim Abas