News  

Teken MoU dengan UMMU, Wali Kota Ternate Klaim Masalah Sampah Bisa Dituntaskan

Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman usai menandatangani nota kerja sama dengan UMMU Ternate. Foto: Istimewa

Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara resmi menjalin kolaborasi dengan Universitas Muhamadiyah Maluku Utara (UMMU) terkait penanganan masalah sampah.

Bentuk kolaborasi ini tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman dan Rektor UMMU Prof Saiful Deni, di Lantai 3 Gedung Rektorat UMMU, Jumat, 11 Agustus 2023.

Tauhid menyampaikan, Ternate merupakan kota kecil yang terus mengalami perkembangan. Namun dalam perkembangannya Ternate terus diperhadapkan dengan berbagai masalah sosial di lingkungan masyarakat. Problem tersebut antara lain adalah ketersediaan lahan pemukiman, masalah air bersih hingga penanganan sampah.

“Dari problem-problem itulah kami butuh kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya perguruan tinggi. Sebab, kita juga butuh masukan dari perguruan tinggi agar bersama-sama bisa mengatasi masalah sosial-kemasyarakatan yang ada ini, terutama sampah dan air bersih,” kata Tauhid.

Ia bilang, sebagai lembaga intelektual, kampus dapat memberikan kontribusi positif dalam berbagai program dan kebijakan pemerintah.

Menurutnya, Pemkot Ternate sudah berkomitmen melalui visi-misi untuk mengatasi masalah sampah dengan metode kolaborasi.

“Ini bagian dari komitmen kita, agar Ternate bersih dari sampah maka butuh kerja sama semua pihak terutama UMMU,” jelasnya.

Sementara, Rektor UMMU Saiful Deni  mengapresiasi dan memberikan ucapan terima kasih kepada pemkot yang telah mau berkolaborasi dengan UMMU.

“Sebagai wadah Kolaborasi, UMMU tetap siap berkolaborasi berkelanjutan, sehingga terciptanya iklim akademik yang baik di lingkungan kampus,” ungkapnya.

Saiful menuturkan, memang permasalahan sampah di Kota Ternate ini menjadi perhatian serta tanggung jawab secara bersama.

“Tentunya kami dari pihak kampus juga akan berkontribusi dengan melibatkan program studi teknis dalam mengelola sampah di kabupaten/kota, termasuk Ternate,” pungkasnya.

———

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Baca Juga:  Main Togel, Seorang Pemuda di Sofifi Diringkus Polisi

Editor: Rian Hidayat Husni