News  

Tingkatkan Pengawasan Pemilu Partisipatif, Bawaslu Ternate Kerja Sama dengan Fakultas Hukum Unkhair 

Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan bersama Dekan Fakultas Hukum Unkhair, Djamal Hi. Arsad usai menandatangani dokumen kerja sama. Foto: Istimewa

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Ternate, Kifli Sahlan menandatangani dokumen perjanjian kerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Khairun Ternate, Kamis, 21 September 2023.

Perjanjian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas pokok perguruan tinggi. Termasuk memberi dukungan bagi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan peningkatan pendidikan politik, serta pengawasan pemilu partisipatif di Kota Ternate.

Penandatanganan yang berlangsung di ruang pertemuan Fakultas Hukum Unkhair ini, menandai langkah penting dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses politik dan pemilihan umum di wilayah tersebut.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Khairun Ternate, Jamal Hi. Arsad mengatakan, pihaknya berupaya mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar secara sistematis dan menyeluruh di lingkungan Fakultas Hukum Unkhair Ternate. Karena itu, butuh kerja kolaborasi antara Fakultas Hukum Unkhair Ternate dengan Bawaslu Kota Ternate.

Selain itu, kata ia, pihak kampus juga berharap, dengan adanya kerja sama ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat terutama dari pihak perguruan tinggi dalam membantu pengawasan aktif dari pemilih pada setiap tahapan pemilu 2024 nanti.

“Kami berharap Bawaslu dapat membantu menggembleng anak-anak didik kami, sehingga mereka dapat menjalankan fungsi mereka sebagai agen of control. Terutama pengabdiannya kepada masyarakat sebagaimana tertuang dalam tri dharma perguruan tinggi,” papar Jamal.

Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan dalam kesempatan tersebut mengapresiasi pihak Fakultas Hukum Unkhair Ternate. Ia mengaku siap menerima mahasiswa magang yang nantinya akan ditempatkan di Sekretariat Bawaslu Kota Ternate.

Kifli mengungkapkan, Bawaslu Kota Ternate mengajak elemen masyarakat dan mahasiswa untuk menjadi volunteer atau sukarelawan dalam kegiatan pengawasan dan kader untuk membantu menyukseskan pemilu 2024.

“Kampus adalah sarang intelektual yang pada prinsipnya kami membutuhkan peran mereka. Sehingga, dengan kerjasama ini, kami berharap teman-teman mahasiswa tidak hanya belajar teknis pengawasan di lembaga Bawaslu, tetapi juga turut serta membantu Bawaslu mengawasi pemilu pada setiap tahapan yang berlangsung,” ujar Kifli.

Baca Juga:  BKPSDMD Ternate Sosialiasikan Peraturan BKN soal Pemberian Sanksi ke PNS

Dalam penandatangan kerja sama ini, Dekan Fakultas Hukum Universitas Khairun Ternate, Jamal Hi. Arsad didampingi oleh Wakil Dekan Tiga Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni serta para dosen Fakultas Hukum

Selain Bawaslu Kota Ternate, Fakultas Hukum Unkhair Ternate juga melakukan penandatanganan naskah perjanjian kerja sama dengan Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan. (RLS)

——–

Penulis: Tim cermat

Editor: Ghalim Umabaihi