News  

Alasan Peresmian, Satpol PP Tertibkan Belasan Lapak Pedagang di Ternate

Satpol PP bersama Linmas Kota Ternate melakukan penertiban di kawasan kuliner Kampung Makassar Timur. Belasan lapak pedagang eceran juga ditertibkan. Foto: Istimewa

Satpol PP Kota Ternate, Maluku Utara, melakukan pembongkaran sejumlah lapak pedagang di Kawasan Tapak III Kelurahan Kampung Makassar Timur, pada Kamis, 20 Juli 2023.

Kasatpol PP Fhandy Mahmud mengatakan, pembersihan lapak ini dilakukan untuk persiapan peresmian bangunan kawasan kuliner, pada 25 Juli 2023 mendatang.

Menurut Fhandy, selama ini para pemilik lapak memang diberikan toleransi oleh Pemkot Ternate untuk berjualan. Karena itu, saat ini pihaknya akan menertibkan agar aktivitas berjualan di kawasan taman ditiadakan.

“Lapak sudah dibongkar dan kami mengarahkan pedagang agar tidak lagi beraktivitas di sepanjang taman. Bahkan ada dispensasi bagi para penjual bensin sampai besok bensinnya dihabiskan, sehingga tidak boleh lagi ada yang berjualan di area itu,” tandasnya.

Ia bilang, setidaknya ada 11 lapak pedagang yang dibongkar. Bahkan petugas Satpol mendapati satu bangunan semi permanen sedang dibangun.

“Oleh karena itu, diharapkan kepada para pedagang yang terkena penertiban siang ini agar tidak lagi menggelar dagangannya di atas bahu jalan, trotoar maupun di atas taman Lelong ini,” tegasnya.

Ia juga menyarankan agar masyarakat dapat melaporkan jika ada pelanggaran ketertiban yang terjadi di area yang bersifat umum.

___

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat Husni