News  

AMSI Dorong Percepatan Pengesahan Publisher Right

Ketua AMSI Wenseslaus Manggut saat memberikan sambutan dalam acara Indonesia Digital Conference 2023 di Bandung, Jawa Barat, Selasa 22 Agustus 2023.

Wenseslaus Manggut, Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)AMSI mendorong publisher right disahkan sebelum kehilangan relevansinya dalam ekosistem. Sebab kehadiran platform baru, seperti Artificial Inteligent (AI), dapat membunuh publisher right.

Hal ini disampaikaian Wenseslaus Manggut saat memberikan sambutan dalam acara Indonesia Digital Conference 2023 di Bandung, Jawa Barat, Selasa 22 Agustus 2023.

Menurut Ketua AMSI ini, keberadaan AI bisa mengubah poin utama isu terkait publisher right yang saat ini telah mendisrupsi media konvensional.

“Saya kira konvensional media didisrupsi oleh platform bersamaan dengan datangnya generasi milenial. Sementara, platform yang mendistrupsi tersebut, didisrupsi oleh platform baru seiring dengan tumbuhnya generasi Z,” ujarnya.

Meski begitu, Wenseslaus menilai AI bisa membawa begitu banyak peluang juga sekaligus menghadirkan bahaya.

Oleh karena itu, ia bilang, ada kecemasan dalam kalangan publisher. Salah satunya fenomena ketika iklan merambah ke platform baru sementara para publisher belum selesai dengan platform yang lama.

“Saya kira karena sekian perkembangan baru rasanya publisher right harus dipercepat. Karena itu, kita mengundang Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria ke acara kita. Beliau yang lebih memahami dengan perubahan lanskap,” tambahya.Keyua

Baca Juga:  Pleno Tingkat Kota di Ternate Diwarnai Kericuhan