News  

Bawaslu dan Pemda Halmahera Utara Gelar Sosialisasi Bakugasa ASN Netral

Sosialisasi dan jalan sehat oleh Bawaslu bersama Pemda Halmahera Utara. Foto: Istimewa

Bawaslu Halmahera Utara, Maluku Utara, menggelar sosialisasi Bangun Kebersamaan untuk gerakan Siap Atasi (Bakugasa) ASN Netral di lapangan Kantor Bupati Halut, Jumat, 03 November 2023.

Kegiatan yang dirangkai dengan jalan sehat itu bertema Bangun Kebersamaan untuk Gerakan Siap Atasi Netralitas ASN, TNI/Polri, Kepala Desa dan perangkat Desa pada Pemilu tahun 2024.

Ketua Bawaslu Halmahera Utara, Ahmad Idris, mengatakan, giat ini bertujuan meningkatkan kesadaran serta peran ASN dalam menjaga netralitas. Hal itu sebagaimana diatur dalam undang-undang.

“Kita juga menggelar jalan sehat serta acara lainnya seperti pembacaan ikrar ASN netral dan Penandatangan Kerja sama sosialisasi Netralitas ASN antara Bawaslu dan Pemda,” ujar dia.

Sementara, di kesempatan yang sama, Sekda Halmahera Utara Erasmus J Papilaya menekankan agar ASN senantiasa menjaga netralitasnya.

“Kami sudah sampaikan mewakili pimpinan ke bupati bahwa ASN harus netral karena ASN itu normatif jadi perlu netral dalam Pemilu,” ujarnya.

“Nanti di dalam bilik itu baru kita menentukan pilihan siapa pemimpin kita” sambungnya.

Ia menambahkan, jika ada ASN yang terlibat berpolitik akan diberikan sanksi.

“Kalau tidak netral ya kita akan proses sesuai regulasi yang ada. Baik secara pembinaan maupun secara regulasi,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi dan jalan sehat ini yakni Sekretaris Daerah, Pimpinan OPD dan ASN di lingkup Pemda Halut.

——-

Penulis: Agus

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  Buat Program Reaktor Sampah Terpadu, YLPAI Maluku Utara Jadi Tim Perwakilan Indonesia dalam Program Incubator IPPIN