News  

Bawaslu Malut Libatkan Wartwan dan Kader SKPP Awasi Pungut Hitung

Rapat Persiapan Teknis Pengawasan Pungut Hitung, di Kantor Bawaslu Maluku Utara, Selasa, 13 Februari 2024. Foto: Ghalim/cermat

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara melibatkan wartawan dan kader Sekolah dan Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) turun untuk melakukan pengawasan pemungutan dan perhitungan surat suara hasil Pemilu pada Rabu, 14 Februari.

Ketua Bawaslu Malut Masita Nawawi Gani mengatakan, keterlibatan wartawan dalam proses pengawasan merupakan bentuk kemitraan pengawas partisipatif yang strategis.

“Bawaslu dan wartawan tercatat sebagai mitra strategis. Itu mengapa kami libatkan ke dalam pengawasan pungut hitung untuk menginformasikan aktivitas pengawasan di TPS,” katanya dalam Rapat Persiapan Teknis Pengawasan Pungut Hitung, di Kantor Bawaslu Maluku Utara, Selasa, 13 Februari 2024.

Sebagai lembaga pemerintah, Masita menuturkan bahwa penyebaran informasi yang diberikan oleh Bawaslu terbatas. “Dengan adanya teman-teman media, maka informasi tentang pemilu, hasil pengawasan yang dilakukan, pencegahannya dan proses penanganan pelanggarannya akan bisa tersampaikan kepada masyarakat secara lebih luas,” tambahnya.

Baca Juga:  Wali Kota Ternate Kunjungan Kerja ke Belanda