News  

Bawaslu Taliabu: Harapan untuk Partner Media Membawa Spirit Literasi

Tim cermat dan seputartaliabu saat bertandang ke ruangan Sekretaris Bawaslu Pulau Taliabu, Amin Ata Sahafi. Foto: La Ode Hizrat Kasim/ cermat

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Pulau Taliabu, Maluku Utara, merespons baik ide lahirnya partner media yang baru pertama kali terjadi di Maluku Utara, tepatnya di Pulau Taliabu antara seputartaliabu.com dan cermat.co.id pada awal tahun 2024 ini.

Harapannya, partner media ini dapat memperkuat peran jurnalistik di Maluku Utara untuk mengangkat potensi daerah maupun semangat literasi sebagaimana peran media dalam pendidikan publik.

Hal itu disampaikan Sekretaris Bawaslu Pulau Taliabu, Amin Ata Sahafi, pada Senin, 22 Januari 2024, ketika cermat dan seputartaliabu bertandang ke Kantor Bawaslu Taliabu di Bobong.

“Ini langkah positif. Apalagi pada tahun politik ini, peran media sangat penting untuk menangkal disinformasi, misinformasi, maupun hoaks. Selain itu, Bawaslu juga punya progam BERKAWAN yang melibatkan teman-teman jurnalis untuk pengawasan,” ungkap Ata.

Baca Juga:  Lewat SocFest II, Alumnus Perkuat Peran Sosiologi di Maluku Utara

“Saat ini, media memiliki peran strategis dalam membentuk opini publik. Kami melihat bahwa cermat.co.id dan seputartaliabu.com memiliki komitmen tinggi terhadap integritas informasi dan pendidikan media. Kami berharap kerjasama ini tidak hanya meningkatkan kualitas informasi yang disajikan kepada masyarakat, tetapi juga memberikan kontribusi positif dalam mengangkat potensi sejarah dan kebudayaan di Maluku Utara, khususnya di Pulau Taliabu,” ujar Ata, sapaan Sekretaris Bawaslu Pulau Taliabu itu.

Kedua media tersebut diharapkan tidak hanya menjadi sumber informasi terpercaya, tetapi juga berperan sebagai agen pendidikan media. Bawaslu Taliabu menekankan pentingnya mendidik masyarakat tentang cara memilah informasi yang benar dan mengenali potensi penyebaran hoaks.

Media partner pertama ini diharapkan dapat menjadi pionir dalam mendukung penyelenggaraan pemilihan umum yang adil dan membawa dampak positif bagi masyarakat Maluku Utara. Kolaborasi ini diarahkan untuk menciptakan lingkungan media yang sehat, informatif, dan mendukung pembangunan sosial budaya di wilayah tersebut.

Baca Juga:  KKPJ Kota Ternate Gelar Halalbihalal Bertema 'Maknai Kebersamaan'

Sementara itu, Rian Hidayat Husni, redaktur cermat mengatakan, partner media yang baru di bangun ini, adalah langkah juga ihtiar dari cermat untuk mejaga integritas secara bersama soal profesi jurnalis sebagai mata dan tangan publik untuk mengawasi kerja-kerja pemerintahan maupun mengabarkan sketsa kehidupan masyarakat di pulau-pulau kecil yang jarang diangkat.

Selain itu, kata Rian, sekarang zamannya bukan lagi kompetisi namun kolaborasi. Sebab itu, media partner menjadi alat penting untuk kepentingan publik. “Sekarang zamannya Avengers, bukan lagi Superman. Analogi ini artinya mengumpul kekuatan bersama. Kalau sendiri, Superman saja Is dead,” kata Rian.

Rian bilang, langkah awal media partner di Pulau Taliabu ini, akan ditandai dengan gelaran pelatihan Jurnalistik yang pesertanya dari SMA sekira 30 orang. Ini untuk mencari bibit baru. Selain itu, diundang beberapa instansi pemerintah untuk melihat porses ini.

Editor: Faris Bobero