News

Bertemu Wali Kota Ternate, Kepala Ombudsman Malut Dorong Peningkatan Pelayanan Publik

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara, Iriyani Abd Kadir melakukan kunjungan kerja ke kantor Wali Kota Ternate, Rabu, 5 Maret 2025.

Kunjungan yang didampingi Asisten Pemeriksaan, Asisten Pencegahan, dan Asisten PVL, itu dilakukan dalam rangka silahturahmi sekaligus koordinasi terkait kerja sama dan pengelolaan pelayanan publik di Kota Ternate.

Iriyani menjelaskan, agenda ini dilakukan sebagai upaya memenuhi tuntutan amanah Undang-undang Ombudsman Nomor 37 tahun 2008 yang berkaitan dengan membangun kerja sama atau kolaborasi dalam rangka memperkuat sinergitas kelembagaan. Termasuk sebagai bentuk langkah preventif terhadap potensi terjadinya maladministrasi di lingkungan pemerintahan, khususnya di Kota Ternate.

“Harapannya dapat terciptanya intensitas kerja sama dengan selalu memberikan ruang kepada Ombudsman selaku pengawas penyelenggaraan pelayanan publik pada program pemerintah,” paparnya.

Tujuan lain, sambung Iriyani, yang hendak digagas bersama dengan Pemkot adalah MoU kelembagaan melalui perjanjian kerja sama. “Tentu akan ditindaklanjuti pasca pertemuan hari ini,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ombudsman juga menyoroti masalah sosial yang terjadi akhir-akhir ini, yakni seperti masalah persampahan dan kerusakan jalan. “Hal ini harus menjadi atensi Pemerintah Kota Ternate, terutama dalam skala prioritas 100 hari kerja,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman, M.Si. berkomitmen untuk memperbaiki semua prosedur pelayanan publik agar pelayanan publik lebih baik.

“Masalah-masalah yang berpotensi terjadinya maladministrasi atau pelanggaran prosedur, menjadi komitmen kami akan melakukan perubahan untuk merubah kebiasaan yang lama menjadi efisien,” kata Tauhid.

Dengan demikian, sambung Tauhid, kualitas pelayanan publik semakin meningkat sekaligus efisiensi anggaran.

“Terima kasih atas kunjungan dari pihak Ombudsman. Semoga kita bisa terus perkuat kolaborasi agar standar pelayanan publik semakin tinggi, masyarakat menerima pelayanan yang berkualitas,” tandas Tauhid.

cermat

Recent Posts

Jaksa Periksa Kuntu Daud, Usut Dugaan Korupsi Dana Operasional DPRD Malut

Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara, Kuntu Daud, dimintai keterangan oleh tim penyelidik Kejaksaan Tinggi…

15 menit ago

Jaksa Tahan Syahril Rajak dalam Kasus Korupsi Pembangunan Letter Sign Halbar

Tim penyidik Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Halmahera Barat menetapkan mantan Sekda Halmahera…

4 jam ago

Investasi Rp357 Triliun untuk Kebijakan Tata Ruang, Kini Jadi Penggerak Ekonomi

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mencatat capaian signifikan dalam pengelolaan tata ruang…

8 jam ago

Staf RSUD Ir Soekarno Morotai Sayangkan Polemik SK Jasa Pelayanan

Sejumlah staf di RSUD Ir Soekarno Pulau Morotai, Maluku Utara, menyayangkan polemik penyusunan Surat Keputusan…

1 hari ago

Kapolres Halsel Lantik Pamapta SPKT, Perkuat Pelayanan Publik Menuju Polri Presisi

Kapolres Halmahera Selatan, AKBP Hendra Gunawan, resmi melantik pejabat baru pada jabatan Pamapta Sentra Pelayanan…

1 hari ago

Hari Pertama Bertugas, Kajati Sufari Janji Berantas Korupsi di Maluku Utara

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku Utara yang baru dilantik, Sufari, menegaskan komitmennya untuk memberantas praktik…

1 hari ago