News

Bertemu Wali Kota Ternate, Kepala Ombudsman Malut Dorong Peningkatan Pelayanan Publik

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara, Iriyani Abd Kadir melakukan kunjungan kerja ke kantor Wali Kota Ternate, Rabu, 5 Maret 2025.

Kunjungan yang didampingi Asisten Pemeriksaan, Asisten Pencegahan, dan Asisten PVL, itu dilakukan dalam rangka silahturahmi sekaligus koordinasi terkait kerja sama dan pengelolaan pelayanan publik di Kota Ternate.

Iriyani menjelaskan, agenda ini dilakukan sebagai upaya memenuhi tuntutan amanah Undang-undang Ombudsman Nomor 37 tahun 2008 yang berkaitan dengan membangun kerja sama atau kolaborasi dalam rangka memperkuat sinergitas kelembagaan. Termasuk sebagai bentuk langkah preventif terhadap potensi terjadinya maladministrasi di lingkungan pemerintahan, khususnya di Kota Ternate.

“Harapannya dapat terciptanya intensitas kerja sama dengan selalu memberikan ruang kepada Ombudsman selaku pengawas penyelenggaraan pelayanan publik pada program pemerintah,” paparnya.

Tujuan lain, sambung Iriyani, yang hendak digagas bersama dengan Pemkot adalah MoU kelembagaan melalui perjanjian kerja sama. “Tentu akan ditindaklanjuti pasca pertemuan hari ini,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ombudsman juga menyoroti masalah sosial yang terjadi akhir-akhir ini, yakni seperti masalah persampahan dan kerusakan jalan. “Hal ini harus menjadi atensi Pemerintah Kota Ternate, terutama dalam skala prioritas 100 hari kerja,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman, M.Si. berkomitmen untuk memperbaiki semua prosedur pelayanan publik agar pelayanan publik lebih baik.

“Masalah-masalah yang berpotensi terjadinya maladministrasi atau pelanggaran prosedur, menjadi komitmen kami akan melakukan perubahan untuk merubah kebiasaan yang lama menjadi efisien,” kata Tauhid.

Dengan demikian, sambung Tauhid, kualitas pelayanan publik semakin meningkat sekaligus efisiensi anggaran.

“Terima kasih atas kunjungan dari pihak Ombudsman. Semoga kita bisa terus perkuat kolaborasi agar standar pelayanan publik semakin tinggi, masyarakat menerima pelayanan yang berkualitas,” tandas Tauhid.

cermat

Recent Posts

Haji Robert Biayai Penuh Pengobatan Anak Penderita Bocor Jantung dari Desa Gorua

Harapan baru menyapa keluarga kecil di Desa Gorua, Halmahera Utara (Halut), setelah Aurelia Bungarape, anak…

15 menit ago

Sosialisasi Kapsul Keloro, Inovasi Dosen dan Mahasiswa Farmasi untuk Warga Loto

Suasana hangat dan penuh semangat menyelimuti kantor Kelurahan Loto, Minggu 27 Juli 2025. Sejak pagi,…

8 jam ago

Tanggapi Perkara 11 Warga, DPRD Haltim Bentuk Pansus

DPRD Halmahera Timur, Maluku Utara, akhirnya membentuk panitia khusus (pansus) untuk menanggapi perkara 11 warga…

8 jam ago

Tim Pengacara: Terdakwa 11 Warga Adat Maba Sangaji Perjuangkan Tanah Leluhur

Penasehat Hukum 11 Warga Adat Maba Sangaji, Halmahera Timur, Maluku Utara mengungkapkan fakta-fakta menarik, usai…

8 jam ago

Penasehat Hukum: Hakim Harus Pertimbangkan Perma dalam Perkara 11 Warga Adat

Penasehat Hukum 11 Warga Adat Sangaji, Halmahera Timur, Maluku Utara, meminta Majelis hakim Pengadilan Negeri…

8 jam ago

Ketua Adat Sangaji Maba Tolak Tawaran Perusahan Tambang Nikel

Ibrahim Paruna Ketua Adat Sangki Maba, Halmahera Timur, Maluku Utara, mengaku didatangi karyawan tambang nikel,…

8 jam ago