HIPMI Maluku Utara Gelar Festival Wirausaha

  • Bagikan
Festival Wirausaha yang digelar HIPMI Maluku Utara. Foto: Istimewa

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Maluku Utara menggelar Festival Wirausaha Muda Maluku Utara 2022 di Aula SMA Negeri 10 Kota Ternate, Kamis (29/9) pagi tadi.

Festival tersebut berangkat dari upaya HIPMI dalam perannya untuk menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi dan kompetensi berwirausaha.

Kegiatan itu juga merupakan bagian dari ikhtiar untuk menyiapkan SDM dan melakukan penguatan kapasitas bagi generasi muda.

“Indonesia mengalami kekurangan jumlah pengusaha yaitu sekitar 3,4 persen atau sekitar 8 juta dari total 260 juta penduduk. Padahal indikator untuk menjadi suatau negara yang maju, dibutuhkan setidaknya 12 atau 14 persen jumlah penduduknya adalah pengusaha,” kata Ketua Umum HIPMI Malut, Sofyan MU Sangaji.

Berangkat dari kesadaran itulah HIPMI tergerak untuk menggelar festival, dengan menghadirkan berbagai narasumber dari para pelaku wirausaha muda di Malut.

Sebut saja seperti Irman Saleh selaku wirausaha yang bergerak di media siber, Muhammad Rizal Talib selaku wirausaha pada bidang studio fotografi dan Fitrah Akbar yang punya usaha kuliner di Malut.

“Sedangkan para peserta adalah siswa-siswi SMA Negeri 10 Ternate terdiri dari kelas XI dan kelas XII jurusan IPA. Dengan harapan generasi inilah yang punya kesadaran untuk menjadi wirausaha di masa mendatang yang dapat memajukan bangsa dan negara,” jelasnya.

Sementara, Sekretaris Umum HIPMI Malut, Rais D. Hi. Yusuf, mengatakan selain berbagi pengetahuan tentang wirausaha bersama para siswa, HIPMI Malut juga membagikan hadiah kepada para peserta.

Hadiah itu adalah 5 buah kartu e-parkir, 3 buah kartu makan gratis di Rotasi Café and Lap, dan bantuan dana usaha sebesar Rp 2,5 juta kepada para siswa yang tengah memulai usaha.

“Harapan kami, dengan festival ini para siswa mendapat gambaran yang lebih spesifik tentang dunia usaha dan bagaimana metode untuk menjadi seorang pengusaha. Sehingga Malut di masa mendatang memiliki SDM yang lebih siap menjadi calon wirausaha muda,” tandas Rais.

Kepala Sekolah SMA N 10 Ternate, Sabaria Umahuk, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, ini adalah satu pengalaman dalam mengenal dunia kewirausahaan.

“Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk regenerasi kita hari ini dan kedepan nanti,” pungkasnya.

  • Bagikan