Ini Komitmen Bupati Halsel Usai Hadiri Penyerahan LHP LKPP di Jakarta

Bupati Halsel Hasan Ali Bassam Kasuba bersama pejabat lainnya di acara penyerahan LHP LKPP. Foto: Istimewa

Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba baru-baru ini resmi mengikuti penyerahan LHP LKPP tahun 2023 dan ikhtisar laporan hasil pemeriksaan (ILHP) yang berlangsung di Convention Center, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan itu, BPK RI menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) tahun 2023. Hasilnya, LHP LKPP mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI.

Ketua BPK RI Isma Yatun mengapresiasi kinerja pemerintahan di bawah kepemimpinan Jokowi yang senantiasa memastikan keuangan negara digunakan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan menghindari kerugian negara.

“Hasil pemeriksaan tersebut disampaikan ke instansi berwenang, sebagai salah satu dampak positif dari upaya ini adalah penyelamatan keuangan negara sebesar Rp 55,97 triliun rupiah pada 2015-2023 yang menunjukkan komitmen kuat,” kata Isma.

Merespons hal itu, Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Hasan Bassam Ali Kasuba, mengatakan bahwa apa yang disampaikan Ketua BPK RI menjadi pedoman pemerintah daerah untuk lebih optimal dalam urusan keadministrasian.

“Sebagaimana kita ketahui Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan juga telah mendapat 8 kali WTP terhitung mulai tahun 2016 oleh sebab itu mari bersama pertahankan prestasi ini untuk tahun-tahun ke depannya,” ujarnya.

Baca Juga:  Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Weda Bay Nickel dan Pemkab Halteng Gelar Program Matematika Gasing