News  

Kepseknya Diganti, Siswa SMAN 5 Ternate Bikin Protes Penolakan 

Para siswa berseragam sekolah melakukan aksi protes penolakan pergantian kepala sekolah. Foto: Istimewa

Ratusan siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate, Maluku Utara, melakukan aksi protes penolakan terhadap pergantian Kepala Sekolah (Kepsek), Senin, 23 Oktober 2023.

Diketahui, Kepsek SMAN 5 Ternate yang baru saja diangkat adalah Difa Fara oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Maluku Utara.

Difa Fara sendiri sebelumnya pernah mejabat sebagai kepsek di sekolah tersebut namun digantikan oleh Sofina Banyal yang saat ini telah dirotasi oleh Dikbud Malut.

Baca Juga: Cabor Sepak Bola Malut Gagal Ikut Pra PON di Papua, Pelatih: Kendala Anggaran

Aksi protes ini berlangsung di halaman sekolah mereka. Para siswa membentangkan spanduk tertulis butuh keadilan, Smanli telah hancur ada juga spanduk yang bertuliskan, Tolak.

Ada juga bentangan spanduk penolakan terhadap Difa Fara dan meminta Sofina Banyal tetap menjadi kepala sekolah.

Seorang siswa yang ditemui mengatakan bahwa Sofina Banyal merupakan pimpinan sekolah yang baik dan telah berkontribusi memajukan sekolah meskipun dia baru saja dilantik sebagai Kepsek 4 bulan terakhir.

“Kami ingin ibu Fina (Sofina Banyal) tetap jadi Kepsek di sini. Biar baru empat bulan, tapi so banya membawa perubahan untuk sekolah. Jadi torang (kami) menolak Ibu Difa untuk balik lagi ke sini,” ucap dia.

Ia beralasan, selama Difa Fara menjabat sebagai Kepsek, dirinya tidak mendukung kegiatan siswa secara maksimal, baik itu kegiatan internal dan eksternal, sudah begitu kembali lagi dilantik sebagai Kepsek.

“Seperti kegiatan olahraga dan beberapa kegiatan lainnya. Jadi yang aksi hari ini kami turun aksi dan ini tidak ada unsur apa-apa selain untuk kebaikan sekolah,” pungkasnya.

——-

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  Kajati Malut Diminta Memberi Atensi Kasus Dugaan Penelantaran Anak Oknum Pejabat BNNP