News  

Kodim dan Distan Halmahera Utara Salurkan Bantuan Alat Pertanian

Penyerahan bantuan pertanian oleh Kodim dan Distan Halmahera Utara. Foto: Istimewa

Dinas Pertanian Halmahera Utara bersama Kodim 1508/Tobelo resmi menyerahkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) tahun 2024 di Desa Gura, Rabu, 03 Juli 2024.

Penyerahan Alsintan ini dihadiri Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf. David Sutrisno Sirait.S.E, Kepala Dinas Pertanian Pithein Onthony SP, Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Halut Idreas Etha, SST, serta sejumlah kelompok tani dari berbagai desa.

Alat dan mesin yang diserahkan meliputi 16 unit pompa air yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan pertanian.

Dandim Davit Sutrisno Sirait mengatakan, pihak TNI melalui Kodim 1508/Tobelo akan terus mendukung program-program yang bersifat strategis untuk ketahanan pangan.

“Kami siap membantu petani dalam memanfaatkan alat dan mesin ini, serta dalam kegiatan-kegiatan lain yang dapat meningkatkan produksi pertanian di daerah ini,” jelasnya.

Ia berharap target penambahan areal tanam dapat tercapai dan kesejahteraan petani di wilayah Tobelo semakin meningkat.

Menurutnya, pemberian Alsintan ini merupakan bentuk kesejahteraan bagi petani khususnya di wilayah Kabupaten Halmahera Utara.

“Pimpinan angkatan darat dalam hal ini Kasad menyampaikan kepada kami untuk membantu, mendukung dan mensuport pertanian di kabupaten yang ada di wilayah masing-masing masyarakat sejahtera merupakan peran penting bagi para petani,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Pithein Onthony mengimbau para kelompok tani dapat merawat peralatan tersebut dengan baik.

Ia bilang, pemberian bantuan ini langsung dari Kementrian Pertanian demi kesejahteraan petani-petani di Halmahera Utara.

“Setelah diterima Alsintan ini diharapkan untuk membuat laporan per triwulan ke dinas pertanian, karena kami dinas pertanian akan melaporkan ke Kementrian, dan apabila ada Masalah dan kendala segera berkordinasi dengan dinas pertanian maupun bapak Babinsa setempat,” ucapnya.

Baca Juga:  Kejati Malut Buka Suara soal Penanganan Kasus Normalisasi Sungai di Halmahera Timur
Penulis: AgusEditor: Rian Hidayat