News  

Kunjungan Kerja, Wakapolda Malut Panen Labu Madu di Halmahera Utara

Wakapolda saat panen labu di Halmahera Utara. Foto: Agus/cermat

Wakapolda Maluku Utara Brigjen Pol Samudi ikut panen perdana labu madu di Halmahera Utara, Kamis, 7 Desember 2023.

Panen ini digelar saat Samudi melaksanakan kunjungan kerja dan memberikan arahan terkait netralitas Polri dalam Pemilu.

Panen perdana di kebun binaan Kompi 1 Batalyon A Pelopor ini merupakan salah satu program yang dicetus Kapolda Malut Irjen Pol Midi Siswoko.

Di kesempatan itu, Samudi mengatakan, kelompok tani yang menanam labu madu ini membantu kehidupan masyarakat.

“Selain labu madu, ada program lain yang memang ini diperuntukkan bagi masyarakat, ada peternakan lobster, nantinya ada peternakan kambing, ayam dan sapi,” jelas Samudi.

Ada juga keterampilan otomotif perbengkelan, dikarenakan masyarakat Maluku Utara juga banyak yang menjadi karyawan di pertambangan.

“Harapan pak Kapolda untuk masyarakat yang keterampil ahli perbengkelan, karena masyarakat pekerja ini kan banyak menggunakan kendaraan roda dua jadi kalau rusak dan lainya kalau sudah ada bengkel berarti ini sudah baik,” ucap dia.

Jenderal bintang satu ini bilang, pasca panen perdana labu madu, kelompok tani berkeinginan untuk ikut menanam labu madu dan rata-rata lahan yang harus dimiliki itu 4 hektare.

Sementara kebun percontohan yang ada di Mako Brimob berukuran 40-50 meter persegi ini bisa menghasilkan ribuan buah dalam sekali panen.

“Masyarakat yang berkeinginan juga nanti tidak perlu khawatir market untuk dijual, karena Dansat Brimob sudah koordinasi juga dengan PT IWIP dan sudah bersedia untuk menampung hasil panen labu madu ini,” pungkasnya.

—–

Penulis: Agus

Editor: Rian Hidayat

Baca Juga:  Komitmen Satgas Stunting dan Pemda Sula Capai Angka Nasional