News  

Longboat Tenggelam di Perairan Halbar, 2 Orang Dinyatakan Hilang

Tim SAR Gabungan melakukan pencarian 2 korban longboat tenggelam di Perairan Halmahera Barat. Foto: Basarnas Ternate

Longboat yang memuat 5 orang penumpang dilaporkan tenggelam di Perairan Sahu, Halmahera Barat, Maluku Utara. Dalam insiden ini, 2 orang dilaporkan hilang.

Kepala Basarnas Ternate, Fatur Rahman mengatakan pihaknya baru mendapat laporan dari seorang anggota BPBD Halmahera Barat, pada Minggu, 20 Agustus 2023, sekira pukul 18.00 WIT.

“Kejadiannya bermula saat longboat berangkat dari Desa Baru, menuju Kota Ternate, pada Sabtu malam,” kata Fathur dalam keterangan tertulis.

“Kemudian pada pukul 23.30 WIT, longboat tersebut dihantam ombak dan terbalik. Besoknya, 3 korban ditemukan terapung di laut oleh speed rute Jailolo-Ibu dalam keadaan selamat di Perairan Desa Todahe, hanya saja 2 korban lainnya belum ditemukan,” lanjutnya.

Fathur bilang, Basarnas Ternate berkoordinasi dengan BPBD langsung bergerak menujuk lokasi dugaan tenggelamnya longboat.

“Pukul 18.10 WIT Tim Rescue Basarnas Ternate diberangkatkan menuju Last Know Position (LKP) menggunakan RIB 04 untuk melaksanakan operasi pencarian terhadap 2 orang korban,” pungkasnya. Ia memastikan akan menginformasikan perkembangan pncarian korban.

—-

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  Banjir Kembali Terjang Kawasan Tambang di Halmahera Tengah