Pelaksana ‘Sail to Indonesia’ Tetap Upayakan Kapal Wisata Berlabuh di Sula

Ketua Pelaksana Sail to Indonesia Kepulauan Sula, Ridwan Buamona. Foto: La Ode Hizrat Kasim/cermat

Pihak pelaksana Sail to Indonesia di Kepulauan Sula, Maluku Utara, memastikan sejumlah kapal wisata yang sebelumnya dikabarkan tunda keberangkatan, tetap berlabuh di Kepulauan Sula.

Hal itu disampaikan Ketua Pelaksana Sail to Indonesia Kepsul, Ridwan Buamona, saat diwawancarai awak media, Selasa, 15 Agustus 2023.

“Informasi penundaan ini memang sudah dua hari lalu, setelah itu saya langsung berkomunikasi dengan Organizer Yacht Rally untuk diupayakan kapalnya masuk ke Sula,” kata Ridwan.

Dari hasil koordinasi itu, ia bilang, ada beberapa kapal layar yang akan menerobos masuk ke Kepulauan Sula di Maluku Utara.

“Karena mereka tertarik dengan promosi wisata dan kuliner di Kepulauan Sula. Kemungkinan dua atau tiga kapal yang menerobos masuk,” jelas dia.

Pihaknya memastikan setidaknya 5 sampai 10 kapal layar segera mungkin bisa berkunjung ke Kepulauan Sula.

“Itu adalah upaya yang sudah dilakukan. Namun kondisi cuaca tidak bisa diperhitungkan. Bisa jadi dalam 3 minggu ini cuacanya kurang bagus. Jadi kemungkinan untuk terobos masuk ke Sula bisa saja. Tapi baliknya ini yang kemungkinan ribet,” ujarnya.

Menurut Ridwan, saat ini sudah terdapat satu kapal wisata yang berlabuh di Kepulauan Sula. Pihaknya pun akan memanfaatkan momentum event ini sebagai promosi budaya dan kuliner.

“Alhamdulilah sudah ada kapal yang masuk. Secara tidak langsung Kepulauan Sula sudah dikenal oleh negara lain dan itu akan menjadi salah satu titik labuh setiap kapal Rally ke Indonesia,” tandasnya.

———–

Penulis: La Ode Hizrat Kasim

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  AMPUH Desak DPRD Buat RDP Antara Pemkot Ternate dan Warga Hiri