News  

Polda Maluku Utara Serahkan Tersangka dan Barang Bukti Kasus TPPU ke Kejaksaan

Kantor Polda Maluku Utara. Foto: Samsul/cermat

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Maluku Utara melakukan tahap II atau penyerahan tersangka dan barang bukti (BB) dalam kasus dugaan tindak pidana gratifikasi dan pencucian uang (TPPU) ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi.

Dalam kasus ini melibatkan 1 orang tersangka dengan inisial YA, mantan Auditor BPK RI Perwakilan Maluku Utara.

Direktur Reskrimsus Polda Maluku Utara Kombes Pol Afriandi Lesmana ketika dikonfirmasi, membenarkan penyerahan tersangka dan barang bukti tersebut dari penyidik ke JPU.

“Sudah, Jumat kemarin penyidik sudah melakukan tahap II kasus tersebut ke Kejaksaan,” jelas Afriandi.

Sementara itu, Kabid Humas AKBP Bambang menambahkan, selain tersangka, tim penyidik juga membawa barang bukti berupa uang tunai dan sertifikat tanah dan rumah.

“Barang bukti itu antara lain uang tunai Rp 900 juta, serifikat tanah dibeberapa tempat, sertifikat rumah, ruko dan bangunan lain dengan total aset Rp 15 miliar,” akunya.

Terpisah, Kasi Penkum Kejati Maluku Utara, Richard Sinaga mengatakan, pihak JPU secara resmi menerima tahap II dalam perkara itu.

“Penyerahan tersangka dan barang bukti sudah di tangan JPU, selanjutnya tinggal menunggu jadwal Persidangan yang ditetapkan oleh Ketua majelis hakim Pengadilan Tipikor Ternate,” katanya dan mengakhiri.

—–

Penulis: Samsul Laijou

Editor: Ghalim Umabaihi

Baca Juga:  Klaim Jadi Korban Fitnah, Kades Woekob di Halmahera Tengah Somasi Warganya