News  

Puskesmas Nggele Pulau Taliabu Raih Hasil Utama Survei Re-Akreditas

Pemda Pulau Taliabu, Maluku Utara giatkan Re-Akreditas di Puskesmas Nggele. Foto: La Ode Hizrat Kasim/Cermat

Pemerintah Daerah Pulau Taliabu melalui dinas kesehatan terus melakukan survei re-akreditas puskesmas di Desa Nggele, Taliabu Barat Laut, Selasa 28, November 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Pulau Taliabu Kurasia Marsaoly mengatakan, giat tersebut dilakukan tiga hari selama survei re-akreditasi dijalankan.

“Ada dua tim survei dari Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia ( LASKESI), yaitu Chaled Abd. Halek, SKM dan dr. Muhammad Sagaf,” kata Kurasia kepada cermat.

Menurutnya, ada berbagai macam aspek penilaian mutu pelayanan di masing – masing puskesmas. Hal itu agar pelaksanaan akrdeditas perdana di tahun 2023 ini ditargetkan satu puskesmas akan mendapatkan hasil paripurna.

“Alhamdulilah puskesmas Nggele mendapatkan hasil utama. Sehingga, peningkatan kinerja dan penerapan managemen resiko dapat dilaksanakan secara berkesinambungan,” ujarnya.

Untuk itu, kata Kurasia, perlu dilakukan penilaian khusus oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar penilaian yang ditetapkan.

“Seluruh puskesmas wajib dilakukan akreditas secara berkala, paling sedikit lima tahun sekali,” jelasnya.

Baginya, re-akreditas ini merupakan salah satu persyaratan krendisial sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama.

“Melalui giat re-akreditas ini, puskesmas di Pulau Taliabu dapat berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan mutu pelayanan yang baik bagi masyarakat,” harapnya.

——-

Penulis: La Ode Hizrat Kasim

Baca Juga:  Kolaborasi Pemerintah Bangun Embung di Pulau Hiri