News  

Tahun Ini, Pemda Halmahera Utara Baru Siapkan Anggaran Pilkada untuk KPU dan Bawaslu

Sekda Halmahera Utara, Erasmus J Papilaya. Foto: Agus/cermat

Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, menyiapkan dana hibah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Pemilu 2024. Dana yang diperuntukkan bagi KPU dan Bawaslu ini senilai Rp10 Miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Halmahera Utara, Erasmus J Papilaya mengatakan, penetapan anggaran Pilkada ini sebelumnya dibahas dalam pertemuan bersama Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Pertemuan itu difasilitasi Kanwil Perubahan Anggaran dan DJPK di Kota Ternate, “untuk menghitung nilai anggaran mana yang di-sharing dan tidak di-sharing,” kata Erasmus, Rabu, 1 November 2023.

“Waktu itu masih banyak argumentasi semua kabupaten/kota menyampaikan bahwa kita dengan provinsi itu setengah-setengah, karena ini hajatan provinsi dan hajatan kab/kota, maka akan dilanjutkan pertemuan kembali antara sekda provinsi, kesbangpol dan KPU provinsi,” kata dia.

Dia menyebut, Kesbangpol telah melakukan konsultasi dengan dirjen hukum yang menangani Pemilu dan sudah dilakukan oleh kesbangpol provinsi dan Kesbangpol kab/kota.

“Untuk hasil terakhir dan kita akan ikuti perkembangan, karena pada prinsipnya pemilu ini agenda nasional jadi kita tetap siapkan,” jelasnya.

Sekda menambahkan, untuk tahun ini Pemda Halut menganggarkan sebesar Rp10 Miliar untuk KPU dan Bawaslu.

“Jadi, dalam waktu dekat kami akan lakukan pertemuan bersama, lalu hasil itu nanti kita sampaikan ke Pemerintah Provinsi,” sebutnya.

Sementara itu, kata dia, untuk anggaran pengamanan sejauh ini, baru polres yang menyampaikan proposalnya, ” sementara kodim dan satpol-PP belum sampaikan,” ujarnya.

—–

Penulis: Agus

Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga:  Polda Malut Periksa 4 Tersangka Korupsi Anggaran Jalan Setapak Gunung Dukono