35 Pengawas TPS Tobelo Utara Resmi Dilantik

Anggota pengawas TPS Kecamatan Tobelo Utara, Halmahera Utara, usai dilantik. Foto: Agus/cermat

Sebanyak 35 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kecamatan Tobelo Utara, Halmahera Utara resmi dilantik Ketua Panwascam Rio Fadel, pada Senin, 22 Januari 2024.

Dalam pelantikan itu, puluhan anggota PTPS diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik, terutama saat hari pemungutan suara berlangsung.

“Ucapan selamat atas mengembang amanah sebagai PTPS semoga di tangan kalian bisa menjaga integritas dan profesionalisme pengawas Pemilu,” ujar Rio.

Baca Juga:  Jelang Pilkada, Graal Taliawo Gelar Safari Politik ke Taliabu 

Rio menyebut puluhan anggota PTPS yang baru dilantik ini nantinya tersebar pada 10 desa di Kecamatan Tobelo Utara.

“Kita berharap adanya pengawasan di masing-masing TPS oleh anggota PTPS. Tentu ini sangat penting untuk menjaga pelaksanaan Pemilu yang baik,” ucapnya.

Ketua Bawaslu Halut Ahmad Idris mengatakan bahwa hari ini, tanggal 22 Januari 2024, seluruh pengawas TPS dilantik secara serentak.

Baca Juga:  Gelar Apel Siaga, Bawaslu Halut Siap Awasi Tahapan Kampanye Pemilu 2024

“Mereka yang dilantik itu jumlahnya sebanyak 606 orang, di seluruh kecamatan dan desa,” ucapnya.

Ahmad mengimbau agar pengawas TPS yang dilantik dapat mengawasi jalannya pemungutan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

Sementara itu, kata dia, masa jabatan pengawas TPS adalah satu bulan terhitung setelah pelantikan sampai selesai. Ata, tujuh hari setelah pemungutan suara masa jabatan sebagai pengawas TPS akan berakhir.

Baca Juga:  Asgar Sebut Tak Ada Nama Bos Malut United dalam Fakta Persidangan Kasus Suap AGK

“Pada prinsipnya walau pun masa kerjanya hanya sebulan tapi harus bekerja maksimal serta mengawasi proses tahapan yang akan berlangsung,” tutupnya.

——–

Penulis: Agus

Editor: Rian Hidayat Husni