News  

5 Bulan Belum Terima Gaji, KI Malut Minta DPRD Panggil Kadis dan Bendahara Kominfosan

Anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Maluku Utara Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi (ASE) Awat Halim. Foto: Istimewa

Anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Maluku Utara Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi (ASE) Awat Halim mulai kesal dengan sikap Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Kominfosan) Malut Iksan Arsad dan Bendahara Ratmi Abd Latif yang tidak mendukung kerja-kerja KI Malut. Bahkan bagi ia, dua pejabat itu terkesan melemahkan peran dan tugas pokok KI secara kelembagaan.

Salah satu bukti tidak mendapat dukungan dari Diskominfosan Malut itu yakni tidak membayar gaji komisioner tepat waktu. Bahkan, di tahun 2023 ini, lima bulan komisioner KI Malut belum menerima gaji, alias bendahara belum membayar gaji komisioner terhitung dari bulan Desember 2022, bulan Mei, Juni, Juli dan Agustus 2023.

“Lembaga Komisi Informasi ini dibentuk oleh undang-undang (14/2008). Kami punya anggaran tersendiri, hanya memang secara ketentuan, anggaran KI melekat pada instansi teknis yakni Diskominfosan. Tapi yang pasti sudah 5 bulan ini kami belum terima gaji, padahal ada anggarannya. Parahnya gaji satu bulan tahun lalu yakni gaji bulan Desember 2022 sampai sekarang belum dibayar,” ujarnya, Minggu, 13 Agustus 2023.

Baca Juga:  PT Mineral Trobos Berangkatkan Ratusan Warga Malut Umrah ke Tanah Suci