News  

6 Pulau Kecil di Maluku Utara Dikuasai Tambang Nikel

Keterangan: Pulau Gee di Teluk Buli, Halmahera Timur. Foto: Foshal

Sejumlah Pulau-Pulau Kecil di Maluku Utara telah menjadi korban dari ganasnya ekstraksi nikel, seperti Pulau Pakal, Mabuli, Gee, Mala Mala, Gebe dan Fau. Keenam pulau itu merupakan pulau yang luasnya kurang dari 2.000 kilometer persegi. Namun pulau tersebut saat ini tengah berada dalam penguasaan korporasi tambang nikel.

“Adapun 6 pulau yang sudah kuasai perusahaan penambang nikel, 5 pulau di antaranya telah lebih dulu dikeruk mineralnya sementara 1 pulau masuk sebagai calon korban untuk dieksploitasi, yakni Pulau Fau,” kata Kepala Divisi Advokasi dan Kampanye FOSHAL, Julfikar Sangaji, kepada cermat, Senin, 2 Maret 2024.

Sesungguhnya, sambung ia, masuknya industri keruk nikel lalu bergeliat membongkar isi pulau bukanlah sesuatu yang ujug-ujug terjadi. Melainkan pendudukan tambang terhadap pulau-pulau kecil justru didalangi oleh Pemerintah. Sebagaimana bermula dari doyannya para penyelenggara negara mengobral izin tambang kepada para pebisnis. Hal ini, membuat Pulau-Pulau Kecil menjadi sekarat.

Baca Juga:  Imigrasi Sebut WNA Pakistan yang Ditemukan Meninggal di Halmahera Barat Punya Kitas