News  

Cegah HIV/AIDS, 12 Pekerja di Tempat Hiburan Malam di Mangoli Utara, Periksa Kesehatan

Puskesmas Falabisahaya giatkan pemeriksaan kesehatan kepada para pekerja di Tempat Hiburan Malam. Foto: La Ode Hizrat Kasim/cermat

Sebanyak 12 pekerja di Tempat Hiburan Malam di Mangoli Utara, Kepulauan Sula, Maluku Utara, ikut serta dalam pemeriksaan kesehatan yang digiatkan Puskesmas Falabisahaya. Tujuannya untuk menghindari penyakit menular, seperti Human Immunodeficiency Virus atau Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV/AIDS).

Kepala Puskesmas Falabisahaya Wiwin Umasangadji mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan selama 6 bulan sekali, dan paling cepat 4 bulan. Tergantung dari kondisi pekerja.

“Kalau kondisi pekerja datang setiap bulan dengan kondisi yang sakit-sakitan, pemeriksaan kesehatannya akan kita lakukan secepatnya,” kata Wiwin kepada cermat, Senin, 5 Februari 2024.

Wiwin bilang, terhitung dari januari 2024, pihak Puskesmas belum menemukan penyakit menular pada pekerja di tempat hiburan malam. “Kalau ditemukan terpapar penyakit menular pasti kami beritahukan angkanya. Kalau di tahun kemarin ada yang terpapar. Namun, untuk namanya itu sangat privasi,” ujarnya.

Selain pemeriksaan penyakit menular, pihak Puskesmas temukan satu pekerja yang sementara mengandung dan usia kandungannya telah memasuki 5 bulan. “Kami telah mengedukasi pekerja tersebut agar tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Sehingga, kondisi kesehatannya dapat terjaga,” ujarnya.

__

Penulis: La Ode Hizrat Kasim

Editor: Redaksi

Baca Juga:  Pemuda Hiri Akan Gelar Upacara 17 Agustus di Pelabuhan Penyebrangan