News  

DLH Kota Ternate Apresiasi Kritikan Wakil Ketua DPRD

Kabid Pengendalian, Pencemaran, dan Kerusakan Lingkungan DLH Kota Ternate, Sarif Tjan, saat turun langsung ke lokasi belakang Ruko Jatiland, yang dipenuhi sampah pelastik (Foto: SAR)

Kabid Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (DLH) Kota Ternate, Maluku Utara, Sarif Tjan, mengapresiasi kritik yang dilontarkan Wakil Ketua DPRD Kota Ternate, Heny Sutan Muda, soal penanganan sampah dan air bersih di Ternate.

Menurut Sarif, kritik tersebut merupakan hal wajar, karena pengawasan terhadap lembaga eksekutif, merupakan tugas DPRD.

“Jadi ibu Heny harus konsisten, dengan semua masalah yang menurut DPRD ada ganjalan, ya harus dikritik, tugas DPRD memang sebagai watch dog,” ujar Sarif, kepada cermat, Kamis (13/1).

“Kita tidak krisis air, kita sedang krisis alat air. Harus bedakan krisis air dan krisis alat air, karena PDAM itu instalasinya sudah tua, perlu diperbaiki semua jaringan,” tambahnya.

Ia bilang, untuk menjaga kuantitas dan kualitas air di Kota Ternate, pihaknya sudah merencanakan untuk melakukan pengetatan rumah, terutama rumah yang mau dibangun dengan sumur resapan. Selebihnya, bagi dia, masyarakat perlu menanam pohon dan membuat drainase porus.

Baca Juga:  Kunjungi Dinas Kearsipan, Guru Besar UI: Banyak Peristiwa Besar Terjadi di Ternate