News  

Gandeng Komunitas, Buku Suba Institute Gelar Workshop Kebudayaan 

Workshop Kebudayaan Digelar Buku Suba Institut. Foto: Muhammad Ilham Yahya/cermat

Buku Suba Institute menggelar kegiatan Fasilitasi Pemajuan Kebudayaan dengan tema “Membangun Budaya – Menjaga Kemanusiaan” dalam bentuk Workshop ‘Ngofa Gam Nonako Budaya’ (Anak negeri mengenal budaya) di Caffe Bukit Bintang, Kota Ternate, Selasa, 21 November 2023.

Workshop ini diisi oleh narasumber Jou Hukum Soa Sio Kesultanan Ternate Gunawan Radjim, Akademisi Hasrul Wahid dan Budayawan Hudan Irsyadi.

Ketua Buku Suba Institute Sukarno M Adam kepada cermat mengatakan, kebudayaan menjadi kerangka dasar yang memandu perilaku komunitas atau kelompok masyarakat tertentu sehingga disebut sebagai warisan etik.

Kebudayaan juga menjadi ciri komunitas yang biasa disebut sebagai identitas, hal tersebut menjadi penting apalagi menyangkut dengan salah satu komponen penting dari kebudayaan yang berisikan nilai yang dibalut dengan simbol.

“Hal inilah menjadi penting untuk diterjemahkan dan dimaknai pada fase generasi kapanpun. Saking pentingnya kebudayaan, maka dikonstruk dalam regulasi oleh negara,” terang Sukarno.

Sementara itu, Jou Hukum Soa Sio, Gunawan Radjim mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Buku Suba Institute.

“Kegiatan yang dilakukan oleh Buku Suba ini merupakan kegiatan yang positif dan mememiliki peran yang baik sebagai wujud dari pada pengabdian,” kata Gunawan.

Ia bilang, peran-peran yang di ambil oleh Buku Suba dalam hal riset, kajian-kajian dan diskusi nantinya bisa melahirkan satu rekomendasi kedepannya.

“Diharapkan lewat peran-peran yang dilakukan buku suba saat ini bisa melahirkan rekomendasi dan dokumen yang nantinya bisa dimasukan kepada pemangku kebijakan sebagai program perencanaan,” pungkasnya.

Perlu diketahui dalam workshop tersebut dihadiri oleh 40 peserta dari 20 komunitas di Kota Ternate.

—–

Penulis: Muhammad Ilham Yahya

Editor: Rian Hidayat

Baca Juga:  Patungan OPD, Pemkot Ternate Target 30 Ekor Sapi Kurban